HUT ke-76 TNI, Legislator PKS Ungkap Tiga Tantangan Besar

Selasa, 05 Oktober 2021 - 12:13 WIB
loading...
HUT ke-76 TNI, Legislator PKS Ungkap Tiga Tantangan Besar
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta mengungkapkan tiga tantangan besar yang dihadapi TNI saat ini. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - HUT ke-76 TNI diperingati pada hari ini. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta mengungkapkan tiga tantangan besar yang dihadapi TNI saat ini. Pertama, adanya ancaman keamanan regional dengan memanasnya situasi di Laut China Selatan (LCS).

Posisi Indonesia yang dekat dengan episentrum konflik LCS akan rawan menjadi area perang proxy dan adu pengaruh antar kekuatan besar seperti China dan Amerika Serikat. "Jika ini terjadi, dampak secara ekonomi akan sangat berat bagi negara-negara di sekitarnya,” kata Sukamta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/10/2021).

Menurut dia, mau tidak mau Indonesia juga harus mengembangkan kemampuan militer ke level yang lebih tinggi agar punya posisi lebih kuat dalam skala regional. Tantangan kedua ada di lingkup nasional seperti meningkatnya gerakan separatisme di Papua, masih tumbuhnya gerakan ekstremisme berbalut sentimen agama serta ancaman disintegrasi.

Menurut dia, hal tersebut perlu disikapi oleh TNI dengan tindakan yang lebih sistematis dan menyentuh akar permasalahan. "Peran Babinsa dalam melakukan edukasi bela negara di tengah masyarakat perlu lebih dikuatkan. Program-program seperti TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang menyasar kantong-kantong kemiskinan dan juga wilayah terluar dan tertinggal perlu diperluas karena akan menguatkan simpul-simpul persatuan," kata wakil ketua Fraksi PKS ini.



Sedangkan tantangan ketiga adalah pesatnya perkembangan teknologi yang menyebabkan dimensi keamanan nasional menjadi lebih luas. "Saat ini ancaman terhadap kedaulatan Indonesia tidak hanya berwujud kekuatan bersenjata, tetapi juga bisa berwujud perang Siber. Hal ini menuntut TNI untuk turut memperkuat sistem keamanan siber," kata legislator asal dapil Yogyakarta ini.

Maka itu, Sukamta berharap TNI terus melakukan pembenahan dengan fokus kepada dua hal, yaitu peningkatan kapasitas SDM dan memperkuat industri pertahanan nasional. Menurutnya, kedua hal ini akan membawa TNI pada level yang lebih tinggi dalam percaturan global.

Tak lupa dia turut mengucapkan selamat HUT ke-76 TNI. Selama 76 tahun, TNI dinilai terbukti telah hadir untuk menjaga kedaulatan Indonesia dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. "Dengan kiprah TNI yang besar, wajar jika dalam banyak survei, respons positif masyarakat terhadap TNI selalu tinggi. Modal kepercayaan masyarakat yang besar ini perlu direspons TNI dengan terus meningkatkan profesionalitasnya," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2696 seconds (0.1#10.140)