Sabam Sirait Meninggal, Bamsoet: Bintang Mahaputra Utama Wujud Pengakuan Negara

Senin, 04 Oktober 2021 - 05:01 WIB
loading...
Sabam Sirait Meninggal, Bamsoet: Bintang Mahaputra Utama Wujud Pengakuan Negara
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara pemakaman mendiang Sabam Sirait , yang merupakan anggota DPD sekaligus anggota MPR RI periode 2019-2024.

Menurutnya, perjalanan hidup almarhum laksana rangkaian diorama kehidupan, yang begitu lengkap menggambarkan besarnya kiprah dan pengabdiannya, baik sebagai aktivis dan pemikir yang idealis, maupun sebagai tokoh politisi yang disegani.

“Kontribusi dan sumbangan pemikiran beliau telah dilembagakan dalam berbagai institusi. Antara lain sebagai Anggota DPR Gotong Royong (periode 1967-1973), sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Agung (1983-1992), sebagai Anggota DPR RI dan MPR RI (1973-1982 dan 1992-2009), serta sebagai Anggota DPD RI dan MPR RI (tahun 2018-2019 dan periode MPR 2019-2024), yang beliau jalani dengan penuh dedikasi hingga akhir hayat beliau,” kata Bamsoet di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, melalui keterangannya, Minggu (3/10/2021).

Mantan Ketua DPR ini mengatakan, dirinya mengenal Sabam Sirait sebagai pribadi yang dengan sepenuh hati mencurahkan segenap tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan demokrasi di Indonesia. Menjadi guru sekaligus teladan dalam kehidupan berpolitik, berbangsa, dan bernegara.

“Sosoknya merupakan gambaran ideal dari perpaduan idealisme dan integritas, yang menjadi representasi dari seorang pejuang demokrasi sejati,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, tidak akan cukup kata-kata yang dapat dirangkai untuk menggambarkan dedikasi, karya, kiprah dan pemikiran Sabam Sirait, baik sebagai tokoh bangsa, maupun sebagai politisi yang piawai. Satu hal yang pasti, bagi keluarga yang mencintai beliau, dan bagi kolega yang menghormati almarhum, kepribadian Sabam Sirait yang senantiasa bersahaja, adalah legasi yang akan selalu dikenang, yang tidak akan lekang oleh kilasan masa.

“Anugerah Bintang Mahaputera Utama yang Sabam Sirait terima adalah wujud pengakuan negara, atas jasa, darma bakti, dan pengabdian beliau kepada bangsa dan negara. Kini beliau telah berpulang dengan damai, meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya, menghadap Sang Maha Pencipta,” pungkas mantan Ketua Komisi III DPR ini.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)