Satkar Ulama Dukung Langkah Airlangga Temui Tokoh dan Partai Islam

Selasa, 28 September 2021 - 15:11 WIB
loading...
Satkar Ulama Dukung Langkah Airlangga Temui Tokoh dan Partai Islam
Satkar Partai Golkar mendorong Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membangun komunikasi partai berbasis agama, dan menjaga hubungan baik dengan ulama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Satuan Karya Ulama Indonesia (Satkar) Partai Golkar mendorong langkah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membangun komunikasi dengan partai berbasis agama, dan menjaga hubungan baik dengan ulama.

Baca Juga: Airlangga
Baca juga: Gelar Rapat Pleno, Airlangga: Bahas Jabatan Lowong yang Belum Diisi

"Karena kultur masyarakat Indonesia yang general dan heterogen maka perlu adanya satu kesepahaman, bagaimana membawa bangsa ini ke depan," kata Ashraf, Selasa (28/9/2021).

Secara politik menurut Ashraf, karakter masyarakat atau voter itu hanya 30 persen yang pilihannya statis, sedangkan 70 persen yang lain dinamis. 30 persen pemilih statis ini adalah kader, pengurus dan simpatisan.

"Nah yang 70 persen, karakter itu bersifat religius, maka itu sangat wajar apabila ada koalisi nasional yang berkarakter religius yang harus kita dekati," ujar Ashraf.

Ashraf memandang, masyarakat Indonesia perlu sentuhan emosional, dan emosionalitas tertinggi itu hal terkait keagamaan. "Jadi bagi seorang politisi atau partai politik siapa yang bisa merebut wilayah itu, kemungkinan akan mendapatkan dukungan dari masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga masih sangat paternalistik, yang masih mengacu kepada tokoh, misalnya Kiai. Karena itu, sangat wajar jika Airlangga dan Golkar menjaga hubungan baik dengan ulama dan partai Islam. Untuk membangun kesepahaman, bagaimana membawa bangsa ini ke depan.

Saat ini kata Ashraf, pendekatan dan komunikasi yang dilakukan Airlangga sudah sangat luas. Airlangga pernah menemui Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Juga sering bertemu dengan Habaib dan ulama.

"Pendekatannya bukan hanya ke partai, tapi juga ke tokoh," ujar Ashraf.

Mengenai calon pendamping Airlangga, Satkar akan mendukung siapa saja yang nantinya ditunjuk partai untuk mendampingi Airlangga di Pilpres 2024. Kata Ashraf sebagai sayap partai, Satkar akan mendukung penuh Airlangga.

"Nanti pada saatnya, Pak Airlangga akan memutuskan dengan siapa akan berpasangan. Kami akan mendukung siapapun keputusan Pak Airlangga atau keputusan partai," tutup Ashraf.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)