Brigjen Junior Tumilaar Bakal Diperiksa Puspomad Gara-gara Suratnya

loading...
Brigjen Junior Tumilaar Bakal Diperiksa Puspomad Gara-gara Suratnya
Danpuspomad Letjen TNI Chandra W Sukotjo. Foto/TNI AD
JAKARTA - Surat terbuka Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berbuntut panjang. Sebab, Junior bakal diperiksa oleh Pusat Polisi Militer ( Puspom ) TNI Angkatan Darat (AD).

"Akan melakukan pemeriksaan terhadap Irdam XIII/Merdeka tersebut di Puspomad, Jakarta," ujar Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen TNI Chandra W Sukotjo dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Dia mengatakan, ada dugaan bahwa hal yang disampaikan oleh Junior tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya terjadi. Sehingga, fakta kejadian persoalan itu akan didalami pada pemeriksaan nanti.

"Pemeriksaan akan dilakukan terhadap Jenderal bintang satu tersebut, terkait adanya dugaan bahwa hal-hal yang disampaikan mengandung berita yang tak sesuai dengan fakta yang ada," ungkapnya.



Baca juga: Purnawirawan Jenderal Sesalkan Surat Terbuka Brigjen TNI ke Kapolri

Diketahui, surat terbuka tulisan tangan Junior viral di media sosial. Surat itu berisi pembelaan jenderal bintang satu imbas pemanggilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serma Zet Bengke yang bertugas di Koramil 1309-03/WSM ke Polresta Manado.

Surat tulisan tangan itu juga ditembuskan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Pangdam XIII Merdeka Wanti Waranei Frangky Mamahit, James Tuwo (kuasa hukum Ari Tahiru dan Edwin Lomban), serta Anggota DPR Dapil Sulut Brigita H Lasut. “Saya menulis surat terbuka ini karena panggilan hati nurani. Saya tentara rakyat. Saya wajib melindungi rakyat yang tertindas,” kata Brigjen Tumilaar, Senin (20/9/2021).
(rca)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top