Kemenkes: Tren Konfirmasi dan Kematian Akibat Covid-19 Menurun 3-4 Pekan Terakhir

loading...
Kemenkes: Tren Konfirmasi dan Kematian Akibat Covid-19 Menurun 3-4 Pekan Terakhir
Jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 terus menurun. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 terus menurun. Juru Bicara Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ), Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan tren konfirmasi dan kematian akibat Covid-19 menurun dalam 3-4 pekan terakhir.

“Secara nasional terjadi penurunan kasus sebesar 42% dibandingkan pekan sebelumnya. Sedangkan untuk angka kematian menurun sebesar 29% dibandingkan pekan sebelumnya,” ungkap Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Di lain sisi, Nadia mengatakan pemeriksaan laboratorium yang merupakan kombinasi antara pemeriksaan PCR dan rapid antigen mengalami peningkatan dibandingkan pekan sebelumnya. “Selanjutnya Indonesia juga mencatatkan testing rate 3.7 orang yang dites penduduk per pekan ini adalah tiga kali lipat seperti yang kami sampaikan sebelumnya. Begitu juga positivity di tingkat nasional sudah kurang dari 5%,” kata Nadia.

Baca juga: Termasuk SBY-JK, 3 Menteri Megawati Ini Mundur Jelang Pilpres 2004



Nadia mengatakan dari 34 provinsi, seluruhnya telah mencapai minimal standar testing orang dites per 1.000 penduduk per pekan. “Dan untuk positivity rate 16 provinsi mencatatkan positif kurang dari 5% dan ini tentunya akan terus dipantau dan diupayakan untuk provinsi-provinsi lain untuk segera mencapai target positivity rate di bawah 5%,” katanya.

Kendati demikian, masyarakat diimbau tidak boleh lengah. “Karena standar positivity rate yang ada dari WHO adalah kurang dari 5%,” papar Nadia.
(rca)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top