DPR Nilai Aplikasi ASAP Polri Inovatif dan Bisa Selamatkan Lingkungan

loading...
DPR Nilai Aplikasi ASAP Polri Inovatif dan Bisa Selamatkan Lingkungan
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menilai bahwa aplikasi ASAP merupakan salah satu terobosan cemerlang yang akan sangat bermanfaat dalam membantu meminimalisir terjadinya karhutla di berbagai titik di Tanah Air. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Komisi III DPR RI menyampaikan kekagumannya atas inovasi Polri dalam menangani kebakaran hutan di Tanah Air. Selain dengan melakukan operasi dan penjagaan di lapangan, Polri juga merilis aplikasi ASAP yang akan berisi berbagai informasi terkini dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), mulai dari data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot, hingga data prakiraan cuaca.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menilai bahwa aplikasi ini merupakan salah satu terobosan cemerlang yang akan sangat bermanfaat dalam membantu meminimalisir terjadinya karhutla di berbagai titik di Tanah Air. Baca juga: Percepat Penanggulangan Karhutla, Kapolri Launching ASAP Digital Nasional

“Saya sangat kagum dan apresiasi sekali terobosan dari Polri atas aplikasi ASAP. Ini memperlihatkan kesungguhan Polri dalam menjaga masyarakat bukan hanya soal kriminal dan keamanan, namun juga keselamatan dari bencana seperi karhutla,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Menurut Politikus Partai Nasdem ini, aplikasi ASAP merupakan terobosan yang sangat inovatif dari Kapolri dan tentunya sangat bermanfaat dalam upaya meminimalisir kejadian karhutla di Tanah Air dan tentu saja bisa membantu menjaga lingkungan.



“Aplikasi ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mencegah karhutla di Indonesia, mengingat kerugian yang luar biasa yang disebabkan oleh kejadian ini. Sebagai contoh, kebakaran di Riau pada 2019 lalu, Indonesia mengalami kerugian materil hingga Rp50 triliun rupiah. Belum lagi risiko kerusakan biodiversitas kita yang tidak bisa dinilai dengan uang. Karenanya, saya apresiasi Pak Kapolri dan jajarannya yang sudah meluncurkan aplikasi ini,” terangnya.

Lebih lanjut, Sahroni menyebut bahwa teknologi ASAP juga akan mampu menangkap serta mengungkap para pelaku pembakar lahan ilegal di Indonesia yang selama ini sulit ditangkap. Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Hadiri Launching ASAP Digital

“Ini nanti kan wujudnya berupa CCTV yang terintegrasi dengan adanya pemantauan tersebut tentu akan sangat membantu pemerintah untuk mengejar dan mengungkap oknum-oknum nakal yang melakukan pembebasan lahan dengan membakar. Karena selain kebakaran hutan akibat cuaca, di Indonesia juga banyak sekali penyebab kebakaran hutan karena pembebasan lahan dengan cara ilegal yaitu dibakar. Dan selama ini para tersangka pembakar itu memang sulit diungkap,” tandas Legislator asal Tanjung Priok ini.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top