Bersiap Masuk Era Endemi Covid-19, Wapres Minta Tokoh Agama Bangkitkan Semangat Umat

Selasa, 07 September 2021 - 18:54 WIB
loading...
Bersiap Masuk Era Endemi Covid-19, Wapres Minta Tokoh Agama Bangkitkan Semangat Umat
Wapres Maruf Amin meminta para tokoh agama membangkitkan semangat masyarakat menyosong era baru pasca pandemi. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para tokoh agama untuk mulai menyiapkan pola hidup di era endemi mengingat masa pandemi yang telah di rasakan umat masyarakat selama 18 bulan terakhir. Perlu persiapan pasca pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan dampak sosial ekonomi secara signifikan di hampir semua aspek kehidupan bermasyarakat.

"Oleh karena itu, para tokoh agama juga memiliki peran penting dalam menyongsong era pasca pandemi yaitu untuk menjaga dan memberikan motivasi serta membangkitkan semangat umat baik dari sisi keagamaan sosial maupun ekonomi serta tetap menjaga keharmonisan dalam masyarakat," papar Wapres dalam dialog virtual nasional lintas agama yang disiarkan secara virtuai melalui akun Masjid Istiqlal TV, Selasa,(7/9/2021).

Ia menambahkan prinsip dasar dari pola hidup baru tersebut adalah tetap sehat dan produktif. Di sisi lain juga harus dibangun kesadaran masyarakat tentang perubahan pola, tata kerja lembaga masyarakat dan individu akibat disrupsi teknologi informasi dan komunikasi digitalisasi yang prosesnya dipercepat oleh pandemi covid 19.



"Sebagai pimpinan dan pemuka agama yang tentunya menjadi panutan bagi umat dan masyarakat sudah semestinya kita melakukan persiapan-persiapan yang lebih dini agar mampu memberikan penyelarasan dan bimbingan yang tepat agar umat tidak resah dan gundah karena kehidupan nya terdisrupsi,"paparnya.

Masyarakat juga dituntut untuk lebih proaktif dalam memperluas wawasan membaca dalam mengikuti perkembangan dunia khususnya terkait perkembangan TIK serta dampak digitalisasi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Tantangan di masa pandemi ini juga menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang sehingga semua pihak perlu bersinergi menangani pandemi covid 19 dan selalu saling mengingatkan tentang penerapan prokes dan melakukan vaksinasi sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus covid-19.

"Saya menaruh harapan besar dan yakin bahwa seluruh pimpinan organisasi keagamaan, para tokoh dan pemuka agama mampu mengajak umat dan masyarakat untuk tetap tabah tidak berputus asa atau menyerah pada nasib penuh optimisme dan bertambah semangat. Saya juga mengharapkan dialog lintas agama ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang terbaik dan bermanfaat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pandemi covid 19 pas kapan demi dengan bekal Iman ilmu dan amal,"harapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)