Siklon Tropis Conson dan Chanthu Terdeteksi, Ini Dampaknya bagi Cuaca di Indonesia

loading...
Siklon Tropis Conson dan Chanthu Terdeteksi, Ini Dampaknya bagi Cuaca di Indonesia
BMKG mendeteksi ada dua siklon tropis yang sekitar utara wilayah perairan Indonesia. Dua siklon tropis tersebut yakni Conson dan Chanthu. Foto/BMKG
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada dua siklon tropis yang sekitar utara wilayah perairan Indonesia. Dua siklon tropis tersebut yakni Conson dan Chanthu.

BMKG mengungkapkan siklon tropis Conson saat ini berada di Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina, 12.1LU, 124.2BT (sekitar 980 km sebelah utara Tahuna). “Arah gerak siklon ini ke Barat laut, dengan kecepatan 10 knots (20 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia,” dalam rilis resmi yang diterima, Selasa (7/9/2021). Baca juga: BMKG: Maluku Alami 45 Kali Tsunami Selama Rentang 1600 Sampai 2006

“Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Conson persisten dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut,” tulis BMKG.

Sementara itu, siklon tropis Chanthu berada di Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina, 15.7LU, 136.4BT (sekitar 1.860 km sebelah utara Manokwari). Arah gerak siklon ini ke Barat laut, dengan kecepatan 9 knots 150 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.



BMKG memperkirakan intensitas siklon tropis Chanthu meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut. Lalu, bagaimana dampak kedua siklon tropis ini bagi cuaca di Indonesia? Siklon tropis Conson memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa :

- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

- Gelombang laut dengan ketinggian 1.25 - 2.5 meter di Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, Perairan Bitung - Kepulauan Sitaro, Perairan utara dan Barat Kepulauan Halmahera, Laut Maluku, Samudra Pasifik utara Halmahera.

Kemudian, siklon tropis Chanthu juga memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa:

- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Baca juga: Ma'ruf Amin Minta Pemuka Agama Bangun Semangat Umat Hadapi Hidup Era Pandemi
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top