Muncul Varian Covid-19 MU, Pemerintah Awasi Mobilitas Dalam dan Luar Negeri

Kamis, 02 September 2021 - 22:08 WIB
loading...
Muncul Varian Covid-19 MU, Pemerintah Awasi Mobilitas Dalam dan Luar Negeri
Badan Kesehatan Dunia atau WHO dalam laporannya menyebut varian MU atau B1621 telah diklasifikasikan sebagai variant of interest (VOI). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia atau WHO dalam laporannya menyebut varian MU atau B1621 telah diklasifikasikan sebagai variant of interest (VOI) . Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bahwa varian tersebut pertama kali ditemukan di Kolombia.

"Saat ini persebarannya sudah ditemukan di beberapa negara lain di Amerika Selatan dan Eropa," katanya dalam konferensi persnya, Kamis (2/9/2021).

Dia mengatakan bahwa status VoI diberikan kepada varian yang sedang diamati. Pengamatan ini dilakukan untuk dapat memberikan kesimpulan bahwa varian ini bersifat lebih infeksius daripada variant originalnya.

Baca juga: Mutasi Virus Covid-19, Ilmuwan Deteksi Varian Baru C.1.2 di Afrika Selatan

Meskipun saat ini kondisi tampak normal, Wiku memastikan pemerintah akan terus berusaha mengawasi mobilitas dalam dan luar negeri terkait dengan adanya varian baru tersebut.

"Walaupun saat ini kondisi cenderung normal dan pembukaan beberapa pembukaan sektor juga secara gradual dilakukan, pemerintah terus berusaha menguasai mobilitas dalam dan luar negeri dengan penuh kehati-hatian," katanya.

Baca juga: Tubuh dan Rumah Bersih, Ancaman Varian Baru Bisa Teratasi!
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)