PAN Terlambat Gabung Koalisi Pemerintah karena Faktor Amien Rais

Kamis, 26 Agustus 2021 - 10:49 WIB
loading...
PAN Terlambat Gabung Koalisi Pemerintah karena Faktor Amien Rais
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengungkapkan bahwa IPO sudah membaca gelagat Partai Amanat Nasional (PAN) akan ditarik ke koalisi pendukung pemerintah. Dedi membeberkan beberapa alasannya.

Pertama, karena Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara secara intens komunikasi dengan pemerintah. Kedua, karena Zulkifli Hasan tak memiliki catatan cela sebagai menteri di rezim Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Keterlambatan PAN bergabung lebih didominasi sebab kerasnya Amien Rais waktu itu," ujar Dedi, Kamis (26/8/2021).

Adapun Amien Rais kini telah memiliki partai baru, yakni Partai Ummat . "Sekarang, tidak akan ada perbedaan kondisi politik di pemerintah, karena sejak awal koalisi sudah sangat dominan," ujarnya.

Menurut Dedi, ada atau tanpa PAN di oposisi, tidak signifikan memberi dampak. Sehingga, kata dia, PKS dan Demokrat juga tidak akan terimbas.



"Termasuk soal simpati publik yang selama ini loyal pada oposisi, tidak lantas meninggalkan PAN," tuturnya.

Dia menambahkan, Situasinya sudah berbeda, pendukung pemerintah stabil, begitu halnya dengan kelompok oposisi. "PAN punya basis suara yang juga stabil, sehingga masuknya PAN hanya sekadar menambah soliditas koalisi, tidak pengaruhi hal lain," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)