Survei Indikator Sebut Hanya Airlangga yang Dapat Dampak Positif dari Baliho

Rabu, 25 Agustus 2021 - 17:40 WIB
loading...
Survei Indikator Sebut Hanya Airlangga yang Dapat Dampak Positif dari Baliho
Penggunaan media luar ruang seperti Baliho yang dilakukan tokoh politik mendapat respons positif yang mengarah pada Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penggunaan media luar ruang seperti Baliho yang dilakukan tokoh politik mendapat respons yang berbeda-beda. Respons positif masyarakat terkait penggunaan media luar ruang hanya mengarah pada Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.



Sebaliknya, jelas Burhanuddin, elektabilitas Airlangga justru naik dari 0,2 persen menjadi 1,1 persen. "Ada dampak positif dari pemasangan baliho ke Airlangga Hartarto. Tapi, dampak baliho tidak seragam. Puan dan Muhaimin malah negatif," ungkap Burhanuddin saatmemaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik Terhadap Kinerja Penanganan Pandemi, Vaksinasi, dan Peta Elektoral Terkini secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Burhanuddin menilai sentimen tersebut dilatari tingkat pengenalan terhadap Puan yang relatif tinggi, bahkan sebelum pemasangan baliho. Namun, Burhanuddin melanjutkan, sayangnya tingkat ketidaksukaan masyarakat terhadap putri Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri itu juga tinggi.

"Dalam temuan kami, kondisi tersebut (sentimen negatif masyarakat) berbeda dengan Airlangga Hartarto. Inilah yang kemudian ada dampak positif dari pemasangan baliho untuk Airlangga," jelas Burhanuddin.

Dalam catatan Burhan, pengenalan masyarakat terhadap Airlangga Hartarto pada April 2021 berada di angka 25 persen. Popularitas Airlangga memang awalnya rendah karena waktunya habis untuk membantu Presiden Jokowi.

Empat bulan berselang, atau memasuki Agustus, ada kenaikan signifikan. "Tingkat kedikenalan Airlangga naik dari 25 persen di bulan April menjadi 33 persen," kata Burhanuddin

Selain popularitas, Indikator juga menemukan ada kenaikan elektabilitas. Pada survei April lalu, elektabilitas Airlangga Hartarto baru menyentuh 0,2 persen. Kini, Burhanuddin menjelaskan, menjadi 1,1 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9838 seconds (0.1#10.140)