Cegah Stunting, Wapres Minta Rencana Aksi Nasional Segera Disusun

Senin, 23 Agustus 2021 - 14:37 WIB
loading...
Cegah Stunting, Wapres Minta Rencana Aksi Nasional Segera Disusun
Wapres Maruf Amin meminta berbagai pihak yang terkait agar segera menyusun RANS Percepatan Penurunan Stunting. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024. Untuk mencapai target tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta berbagai pihak yang terkait agar segera menyusun Rencana Aksi Nasional (RANS) Percepatan Penurunan Stunting .



"Pada kesempatan ini, saya meminta agar Rencana Aksi Nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021, Senin (23/08/2021).

Maruf berharap RANS Percepatan penurunan stunting nantinya harus dapat mendorong dan menguatkan konvergensi antar program yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan oleh berbagai kementerian dan lembaga.

"Oleh karena itu, Rencana Aksi Nasional harus disusun dan disepakati bersama antara kementerian dan lembaga, didiskusikan bersama pakar dan pemangku kepentingan lainnya, serta disosialisasikan kepada para pihak, baik di tingkat pusat maupun daerah," ujarnya.

Sementara itu terkait kelembagaan, dia mengatakan bahwa Perpres Nomor 72/2021 telah menetapkan Tim Percepatan Penurunan Stunting. Dia pun meminta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang juga Ketua Pelaksana. Penurunan Stunting untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Pada kesempatan ini saya meminta, sebagai tugas pertama Kepala BKKBN, agar segera melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga yang terkait serta Pemerintah Daerah untuk memastikan konvergensi antar program dapat terealisasi, dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa, bahkan hingga ke tingkat rumah tangga," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)