Aliansi Kebangsaan Ajak Cendekiawan Bangun Kebangkitan Nasional Kedua

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 18:07 WIB
loading...
Aliansi Kebangsaan Ajak Cendekiawan Bangun Kebangkitan Nasional Kedua
Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Aliansi Kebangsaan kembali menggelar Focus Group Discussion bertema Pembangunan Nasional Berdasarkan Paradigma Pancasila secara virtual, Jumat (20/8/2021). FGD ini menjadi rangkaian diskusi terakhir dalam rangka uji sahih atau uji publik terhadap pemikiran yang tertuang dalam buku berjudul 'Kebangsaan yang Berperadaban: Membangun Indonesia dengan Paradigma Pancasila'.

Diskusi menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Prof Sofian Effendi (Guru Besar Ilmu Administrasi Negara UGM), Prof Sri Adiningsih (Anggota Watimpres 2015-2019), Prof FX Eko Armada Riyanto (Guru Besar STFT Widya Sasana Malang), Inaya Rakhamni (Akademi Ilmuwan Muda Indonesia) dan Yudi Latif (Pakar Aliansi Kebangsaan).

Dalam FGD tersebut dikemukakan bahwa meski Republik Indonesia baru berusia 76 tahun, tapi peradabannya sudah berakar pada elemen-elemen sosial budaya yang telah puluhan ribu tahun hadir di Nusantara. Seperti dikatakan Clifford Geertz yang dikutip Yudi Latif dalam bukunya 'Pendidikan yang Berkebudayaan' (2020), perabadan Indonesia sebagai anggur tua dalam botol baru (old wine in new bottle)atau gugusan masyarakat lama dalam negara baru.

Baca juga: Aliansi Kebangsaan Ingatkan Lemah Tata Kelola Bisa Memicu Negara Gagal

Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo menyatakan bahwa bangsa Indonesia pernah memiliki peradaban tinggi dengan penguasaan teknologi yang tinggi pula pada zamannya. Tanpa penguasaan teknologi yang tinggi, kata Pontjo, mustahil anak-anak bangsa pada zaman Sailendra sekitar 800-an Masehi mampu membangun Candi Borobudur yang memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Belum lagi teknologi kelautan dan perkapalan sehingga pada zamannya kerajaan-kerajaan Nusantara mampu mengembangkan wilayah kerajaannya sampai Madagaskar dan Formosa.

"Namun harus diakui pula bahwa peradaban bangsa Indonesia pernah mengalami keterpurukan yang sangat rendah ketika dijajah ratusan tahun lebih," kata Pontjo.

Untuk membangun kembali peradaban Indonesia yang sempat mengalami apa yang disebut "hegemoni peradaban kolonialisme", Aliansi Kebangsaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dan Harian Kompas ini, melalui rangkaian Diskusi Serial telah mencoba mengembangkan pendekatan budaya/peradaban berdasarkan paradigma Pancasila. Paradigma Pancasila ini merupakan kerangka operasional dalam pembangunan tiga ranah kehidupan bangsa, yaitu: ranah mental spiritual (tata nilai), ranah institusional politikal (tata kelola), dan ranah material teknologikal (tata sejahtera).

Baca juga: Aliansi Kebangsaan-AIPI-HIPMI Gelar FGD Pariwisata Saat Pandemi

"Ketiga ranah ini tentu saling terkait dan ber-inter-relasi. Apabila diibaratkan sebagai pohon, maka ranah tata nilai adalah akarnya yang menjadi fondasi dan memberi energi ke ranah lainnya. Tata kelola ibarat batang yang menjadi inti dari sebuah pohon, dan ranah tata sejahtera ibarat bunga dan buah yang memberikan manfaat bagi kehidupan," kata Pontjo.

Pendekatan tiga ranah peradaban dengan Paradigma Pancasila ini diyakini dapat digunakan sebagai tolok ukur paradigmatik dalam menguji dan mengembangkan sistem ketahanan dan pembangunan nasional kita. Aliansi Kebangsaan bersama mitra lembaga lainnya telah mencoba menggunakannya sebagai pisau analisa dalam membedah masalah dan membangun ketahanan nasional kita sebagaimana sudah dituangkan ke dalam buku "Menggalang Ketahanan Nasional dengan Paradigma Pancasila".

Ranah mental spiritual, lanjut Pontjo, perlu terus dibangun agar kehendak dari bangsa yang majemuk ini untuk hidup bersama dalam bangunan Indonesia, terus terpelihara. Harus disadari bahwa kemajemukan Indonesia hanya bisa dipersatukan dengan faham kebangsaan. Bangsa Indonesia beruntung punya Pancasila sebagai ideologi dan modal budaya yang berhasil menyatukan berbagai perbedaan latar belakang dan kepentingan, sehingga kemajemukan tidak menjadi sumber konflik, tapi menjadi sumber kebahagiaan dalam hidup bermasyarakat.

"Walaupun demikian, tentu kita tidak boleh bersikap abai dan optimisme buta seolah segalanya akan berjalan baik-baik saja, karena faktanya hari ini kita masih dihadapkan berbagai fenomena yang mengancam persatuan bangsa," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)