Satgas Ungkap Indikasi Jika Covid-19 Berubah Menjadi Endemi

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 10:04 WIB
loading...
Satgas Ungkap Indikasi Jika Covid-19 Berubah Menjadi Endemi
Satgas Covid-19 mengungkapkan indikasi perubahan pandemi Covid-19 menjadi endemi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beberapa pihak memprediksi pandemi Covid-19 bakal menjadi endemi di tahun 2021. “Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi dimana kondisi kasus lebih terkendali namun bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dikutip dari Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8/2021).

Dia pun membeberkan hal-hal yang menjadi indikasi bahwa pandemi covid-19 telah berubah menjadi endemi. Salah satunya adalah kekebalan masyarakat meningkat.

“Hal-hal yang dapat mengindikasikannya bahwa pandemi telah bertransisi menjadi endemi jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah. Sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun,” ungkapnya.



WIku pun menyebut bahwa pemerintah terus melakukan upaya agar perubahan pandemi menjadi endemi dapat segera tercapai.

“Dengan instrumen pengendalian PPKM saat ini berupa pengaturan dan target spesifik baik 3M, 3T, dan vaksinasi di tiap kabupaten/kota diharapkan kondisi tersebut cepat tercapai dengan syarat kolaborasi pemerintah dan masyarakat harus bisa mensukseskan kebijakan yang telah ada agar efektif dan signifikan hasilnya,” pungkasnya. Dita angga
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)