KBRI Panama City Bantu Pemakaman ABK Meninggal karena Covid-19

Kamis, 19 Agustus 2021 - 12:55 WIB
loading...
KBRI Panama City Bantu Pemakaman ABK Meninggal karena Covid-19
KBRI) Panama City membantu proses pemakaman jenazah Erman Suherman, ABK WNI yang bekerja di Kapal Goei Maru 8 berbendera Jepang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama City membantu proses pemakaman jenazah Erman Suherman. Erman merupakan anak buah kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kapal Goei Maru 8 berbendera Jepang.

Jenazah Erman dimakamkan di Pemakaman Muslim, Nuevo Empredador, di daerah Arraijan, sekitar 24 km dari Panama City, pada 18 Agustus 2021.

Erman Suherman meninggal dunia karena Covid-19 pada 21 Juli 2021 di Kapal Kapal Goei Maru 8. Pria kelahiran Cirebon, 3 Mei 1963 ini meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Dalam proses pemakaman itu, KBRI Panama City bekerja sama dengan Asosiasi Religiosa Sunni Musulmana de Panama (Asosiasi Sunni) dan Rumah Duka Memorial Le Blanc. Sebelum dimakamkan, jenazah disalatkan di lokasi pemakaman pada saat penguburan.

Pemakaman berlangsung dengan protokol kesehatan masa Covid-19. Pemakaman berjalan lancar dan singkat. Pemakaman Jenazah Erman Suherman di Panama mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga.

Duta Besar Sukmo Harsono yang didampingi Counsellor Protokol dan Konsuler Rheinhard Sinaga, turut menyaksikan langsung proses pemakaman Jenazah Erman Suherman. "Kehadiran kami di sini adalah untuk memantau langsung pemakaman Jenazah Erman Suherman. Saya hadir mewakili keluarga dan Negara. Sebagaimana telah digariskan oleh Presiden Joko Widodo, sudah menjadi tugas Perwakilan RI di luar negeri untuk menunjukkan kehadiran Negara bagi Warga Negara Indonesia yang tertimpa musibah yang membutuhkan pelindungan dan pelayanan," kata Sukmo Harsono dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Kamis (19/8/2021).



KBRI Panama City juga memantau hak-hak finansial yang menjadi hak Almarhum Erman Suherman dari pihak Agen PT. Lingkar Toya Nirwana (PT. LTN) dan Pemilik Kapal Goei Maru 8 berbendera Jepang. Dalam kaitan ini, pihak Agen PT. LTN telah memberikan uang duka namun masih harus melunaskan hak-hak finansial lainnya.

"KBRI Panama City akan memastikan pemenuhan hak-hak finansial dari Almarhum Sdr. Eman Suherman dibayarkan kepada Ahli Waris. Terkait hal ini, berdasarkan informasi Agen, hak-hak finansial yang masih pending adalah sisa gaji berjalan, bonus operasi, kompensasi dari pemilik kapal, dan asuransi," kata Rheinhard Sinaga.

Jenazah ABK WNI Erman Suherman adalah yang Jenazah ABK WNI yang keenam yang dimakamkan di Panama. Sebelumnya, ada Almarhum Wisnu Ginanjar berasal dari Batang, yang dikuburkan pada 11 Agustus 2015, Abdullah Abidin asal Cirebon dikuburkan 17 September 2015, Wira Wahyudi dari Selakau dikuburkan 27 April 2016, Sudin dari Cirebon dikuburkan 24 November 2016; dan Tarsono Bin Karmadi asal Indramayu dikuburkan pada 2 April 2017.

KBRI Panama City senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi WNI dan memastikan kehadiran Negara bagi WNI yang membutuhkan dan melaksanakan kebijakan Pemerintah RI yang pro pelindungan khususnya bagi WNI yang tinggal di wilayah kerja KBRI Panama City.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)