JK Sebut Taliban Tak Akan Usik Kedutaan Besar Asing, Apalagi Kedubes RI

Senin, 16 Agustus 2021 - 14:28 WIB
loading...
JK Sebut Taliban Tak Akan Usik Kedutaan Besar Asing, Apalagi Kedubes RI
Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Umum DMI melaksanakakan salat Jumat bersama Presiden Republik Islam Afghanistan Ashraf Ghani di Masjid ARG Palace, Kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan, Kabul, Jumat (25/12/2020). FOTO/Staf JK/Ade Danhur
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ( JK ) menyebut dirinya sempat beberapa kali bertemu dengan perwakilan Taliban dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Menurut dia, meskipun Kabul jatuh ke tangan Taliban, Afghanistan tak jatuh dalam pertumpahan darah dan perang saudara.

"Baik Taliban maupun Pemerintah Afghanistan sama-sama meyakini bahwa mereka bersaudara dan tidak akan memerangi negara yang sudah ditinggalkan oleh tentara Amerika Serikat," tutur JK dalam keterangan pers, Senin (16/8/2021).

JK memaparkan, pada akhir Desember tahun lalu sempat bertemu dengan Presiden Ghani di Ibu Kota Kabul. Sedangkan pertemuan dengan Taliban diwakili oleh Kepala Kantor Politik Taliban Mullah Abdul Gani Baradar di Doha, Qatar pada Januari 2021.



"Mereka akan berupaya menyelesaikan secara damai konflik di Afghanistan yang sudah berjalan hampir 30 tahun," jelasnya.

JK juga menegaskan, Taliban juga tak akan mengusik kantor-kantor kedutaan besar negara lain. Termasuk, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kabul, Afghanistan. "Mereka (pihak Taliban) juga sudah menyampaikan tidak akan mengusik kantor-kantor kedutaan besar negara asing di Afghanistan,
apalagi Kedubes RI," katanya.



JK menambahkan, dunia kini menantikan masa depan Afghanistan setelah Taliban berkuasa. Dirinya pun berharap Afghanistan terbuka dengan kerja sama dengan negara-negara lain yang tidak punya kepentingan politik, tetapi kerja sama perekonomian.

"Indonesia punya peran penting di Afghanistan dalam menjajaki perdamaian kemarin, sehingga Pemerintah Indonesia juga harus mendukung upaya damai sekarang saat Taliban memimpin Afghanistan, pascapenarikan tentara asing akhir Agustus ini," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)