Deretan Baju Adat Ini Dikenakan Jokowi Saat Pidato Kenegaraan

Senin, 16 Agustus 2021 - 09:17 WIB
loading...
Deretan Baju Adat Ini Dikenakan Jokowi Saat Pidato Kenegaraan
Jokowi nampak mengenakan baju adat dari Suku Baduy. Foto/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama menjabat kerap menggunakan pakaian adat saat pidato kenegaraan maupun acara resmi. Pakaian adat yang dikenakan Jokowi tidak jarang menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat karena keunikannya.

Hari ini, Senin (16/8/2021) misalnya, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021 dan Sidang Bersama DPR RI serta DPD RI yang digelar dalam Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jokowi memilih menggunakan pakaian adat Suku Baduy.

Pakaian adat Baduy yang digunakan Jokowi berwarna hitam baju maupun celana. Kemudian, ia menggunakan ikat kepala berwarna biru tua dengan motif batik. Selain itu membawa tas dan alas kaki khas dari Suku Baduy.



1. Pakaian Adat Bugis

Dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis. Ia memakai songkok Bugis berwarna emas dan sarung songket bernuansa oranye dan merah marun.

2. Pakaian Adat Aceh

Dalam upacara Kemerdekaan RI ke-73 di Istana Negara tahun 2018, Jokowi menggunakan pakaian adat Aceh.

3. Pakaian Adat Sasak

Pakaian adat berikutnya yang digunakan Jokowi ialah adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digunakan saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPR-DPD pada Agustus 2019.

Pakaian adat Sasak yang dikenakan Jokowi berwarna cokelat dengan bawahan kombinasi hitam, emas dan oranye. Keris tampak terpasang di bagian depan pakaian.

4. Pakaian Adat Sabu

Terakhir atau pada tahun 2020 Jokowi menggunakan pakaian adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)