Sambut HUT ke-76 RI, Relawan KIB Jokowi Dorong Kepedulian Sosial di Masa Pandemi

Minggu, 15 Agustus 2021 - 22:38 WIB
loading...
Sambut HUT ke-76 RI, Relawan KIB Jokowi Dorong Kepedulian Sosial di Masa Pandemi
Relawan KIB Jokowi terus melaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Relawan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Jokowi terus melaksanakan kegiatan pembagian sembako dan makan gratis kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri maupun terdampak pandemi Covid-19.

"Pembagian makanan gratis dan penyaluran Sembako Banpres dilaksanakan dengan kelompok sasaran masyarakat prasejahtera yaitu masyarakat paling terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19," kata Koordinator Lapangan Relawan KIB Jokowi Yan Warinson dalam keterangan persnya, Minggu (15/8/2021).

Menurut Yan, sejak diberlakukannya PPKM hingga ke-3, Relawan KIB Jokowi terus melaksanakan kegiatan pembagian makanan gratis, vitamin dan masker kepada masyarakat.

Baca juga: Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Mandiri Group Salurkan 2.000 Paket Sembako untuk Marbot

"Pembagian sembako, makanan gratis, vitamin dan masker dilakukan Relawan KIB Jokowi dengan mendatangi dari rumah ke rumah (door to door), berkeliling mencari masyarakat prasejahtera seperti buruh galian lepas, pemulung dan tuna wisma di puluhan titik wilayah DKI Jakarta, Bekasi, Tangsel, Depok dan Kabupaten Bogor dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat," kata Yan.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan KIB Jokowi, Reinhard Taki Parapat berharap momen peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dapat menumbuhkan kesadaran bersama masyarakat untuk bergotong-royong memberikan dan menyisihkan sedikit dari kelebihannya untuk membantu masyarakat di lingkungan masing-masing.

"Semangat HUT ke-76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19, diharapkan menjadi momentum positif bangkitnya rasa solidaritas sosial bersama di masyarakat dalam membantu sesama khususnya tetangga di sekitar rumah kita yang terdampak Pandemi Covid-19," Reinhard Taki Parapat.

Baca juga: Disaksikan Ketua MPR, Ridwan Kamil Terima Bantuan 15.000 Paket Sembako

Menurut Taki, sapaan akrab Reinhard, pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia dan telah berdampak pada aspek ekonomi. Untuk itu, seluruh elemen bangsa juga harus membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dengan cara ikut turut serta bergotong-royong membatu warga prasejahtera di sekitar rumah, ikut dan mengkampanyekan program vaksinasi nasional, dan menggunakan prokes ketat dengan cara 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Dengan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita bergotong-royong membangkitkan rasa empati sosial membantu masyarakat di sekitar rumah kita masing-masing yang terdampak akibat pendemi Covid-19, ikut menyukseskan vaksinasi nasional dan melakukan protokol kesehatan ketat dengan cara 5 M, niscaya akan terbentuk Kekebalan Komunal (herd immunity), sehingga membantu pemerintah dalam rangka memangkas rantai penularan virus Covid-19," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)