Kunker, Menko Airlangga Koordinasi Masalah Pandemi dengan Gubernur Lampung

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 14:40 WIB
loading...
Kunker, Menko Airlangga Koordinasi Masalah Pandemi dengan Gubernur Lampung
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto ke Provinsi Lampung terkait penanganan pandemi Covid-19 ditemani Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Lampung. Dalam kunjungan tersebut, Airlangga berdiskusi dan mendengarkan aspirasi seputar penanganan pandemi Covid-19 yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi.

Baca Juga: pandemi
Baca juga: Airlangga Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi lewat Kebijakan Partai

"Angka vaksinasi di Lampung ini masih di bawah nasional. Sesuai apa yang disampaikan Pak Gubernur, Lampung masuk ke dalam level 4. Jadi level 4 ini akan diberikan akselesasi dan prioritas utama untuk diberikan vaksin," jelas Airlangga Hartarto, dalam rapat kunjungan kerja di Lampung, Jumat (13/8/2021).

Airlangga mengatakan akan mengupayakan level vaksin di Lampung agar setara dengan level nasional. Oleh karena itu, pemerintah pusat akan mengirimkan tambahan vaksin sebanyak 1,5 juta dosis. Mengenai tracing, Airlangga menjelaskan Lampung juga masih di bawah instruksi Mendagri. Dirinya meminta untuk terus mengejar angka tracing, mengingat pentingnya tracing untuk memutus mata rantai penyebaran.

"Ini tentunya menjadi pembahasan, ini akan diminta kepada pemerintah daerah untuk terus mengkonsolidasikan data dan mengecek, agar data tersebut sesuai dengan keadaan sesungguhnya," jelas Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tersebur juga menyampaikan arahan presiden untuk melaksanakan isolasi terpusat (isoter) di Kapal Pelni. Dirinya menjelaskan, penggunaan Kapal Pelni sebagai lokasi isolasi terpusat merupakan hal yang tepat, karena sesuai dengan kondisi geografis Lampung.

"Tadi diperjelas bahwa kapal-kapal itu bersandar di pelabuhan. Karena Lampung mempunyai pelabuhan panjang yang ideal, ini juga menjadi lokasi isoter yang bisa dibantu oleh pemerintah pusat," kata Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, melakukan pengecekan ke Posko Negara Ratu, Lampung Selatan. Ia juga memberikan bantuan berupa masker, disinfektan dan, hand sanitizer, serta sembako kepada warga sekitar.

Airlangga menyampaikan kepada seluruh petugas kesehatan dan pemerintah setempat untuk memaksimalkan pelayanan dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7222 seconds (0.1#10.140)