Sandiaga Minta Parekraf Bersiap, Wisata Diprediksi Melonjak Setelah PPKM

Minggu, 08 Agustus 2021 - 22:11 WIB
loading...
Sandiaga Minta Parekraf Bersiap, Wisata Diprediksi Melonjak Setelah PPKM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi akan ada lonjakan wisata yang luar biasa dari masyarakat seusai PPKM. Foto/Twitter sandiuno
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi akan ada lonjakan wisata yang luar biasa dari masyarakat seusai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).



Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Sandiaga mengajak para pemangku kepentingan di ekonomi kreatif dan pariwisata untuk terus melakukan berbagai transformasi menuju digitalisasi.

Sehingga diharapkan, peran sentral dalam peningkatan pendapatan negara, sumber devisa, serta penyerapan tenaga kerja tidak terganggu.

"Sekalipun kunjungan wisatawan mancanegara saat ini belum bisa diharapkan namun kunjungan wisatawan Nusantara memiliki peluang sangat besar dan sangat diharapkan menghidupkan sektor parekraf," ucap Sandiaga.

Berdasarkan data Badan Pusat Statsitik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Juni 2021 sebanyak 140.850 atau meurun 10,04 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Juni 2020.

Secara kumulatif pada Januari hingga Juni 2021, jumlah kunjungan wisatawn mancanegara ke Indonesia mencapai 802.380 kunjungan atau menurun sebesar 74,33 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 3,13 juta kujungan.

"Kita harapkan dalam paruh kedua 221 seusai PPKM Level 4 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan tumbuh 2,39 persen sehingga bisa menyerap kembali tenaga kerja," tutup Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)