Wujudkan Herd Immunity, Marinir Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Papua Barat

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:15 WIB
loading...
Wujudkan Herd Immunity, Marinir Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Papua Barat
Korps Marinir TNI AL bersama Dinas Kesehatan Papua Barat dan instansi terkait menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 massal di halaman Kantor Kwartir Cabang Pramuka Kota Sorong, Papua Barat. Foto/Pen Kormar
A A A
JAKARTA - Korps Marinir TNI AL bersama Dinas Kesehatan Papua Barat dan instansi terkait menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 massal di halaman Kantor Kwartir Cabang Pramuka Kota Sorong, Jalan Jendral Sudirman, Distrik Malawei, Kota Sorong, Papua Barat. Kamis (5/8/2021).

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang dilaksanakan Pasmar 3 bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Papua Barat ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 sekaligus membentuk herd immunity di masyarakat. Tidak hanya itu, vaksinasi ini juga sebagai bentuk peran aktif dan aksi kemanusiaan TNI AL dalam memerangi Covid-19.

Sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac untuk tahap pertama disiapkan, sedangkan untuk tenaga vaksinatornya terdiri atas tenaga medis Balai Kesehatan Pasmar 3, Denkesyah Korem 181/PVT dan para tenaga medis UPTD Puskesmas Kota Sorong.

Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakatoni, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Profs Dhegratmen SA, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan.

Kegiatan yang digelar bertepatan dengan bulan bhakti Hari Pramuka ke-60 inipun disambut antusias oleh masyarakat setempat. Sebagian masyarakat ingin divaksin karena ada rencana bepergian sehingga membutuhkan sertifikat vaksin sebagai salah satu persyaratan.

Mohamad Lakotani, mengatakan, Bakti Pramuka berpusat di wilayah Kota Sorong dan Kabupaten Sorong karena merupakan daerah yang berdekatan dan memiliki mobilitas penduduk cukup tinggi dimana setiap saat dan waktu saling bersinggungan.

Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto mengatakan kegiatan vaksinasi ini juga bagian dari upaya Korps Marinir TNI AL khususnya Pasmar 3 bersinergi dengan pemerintah daerah Provinsi Papua Barat untuk bersama-sama dalam rangka menekan dan mengendalikan laju perkembangan pandemi Covid-19.

Sementara itu, serbuan vaksinasi massal yang diprakarsai oleh Pasmar 3 bersama Dinas Kesehatan Papua Barat juga dilaksanakan di Alun-alun Kota Baru Aimas, Puskesmas Mariat dan Puskesmas Mayamuk Kabupaten Sorong.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)