Pertemuan Wapres dan Ketua MPR Ungkap Sejumlah Kendala Vaksinasi

Kamis, 05 Agustus 2021 - 08:13 WIB
loading...
Pertemuan Wapres dan Ketua MPR Ungkap Sejumlah Kendala Vaksinasi
Pertemuan Wakil Presiden Maruf Amin dan Ketua MPR Bambang Soesatyo di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (3/8/20210). Foto/Kiswondari
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mempercepat vaksinasi untuk mewujudkan kekebalan komunitas (herd immunity). Pemerintah terus meyakinkan, bahwa vaksinasi efektif untuk mengurangi tingkat keparahan Covid-19.



Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan pihaknya mendukung penuh langkah Presiden Jokowi dalam menggenjot vaksinasi nasional agar segera tercipta herd immunity, dengan target pada Agustus ini mencapai 2 juta dosis per hari. Ia optimistis herd immunity bisa tercapai dalam tahun ini.

"Saya sangat mendukung apa yang telah dikerjakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Arah dan kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi sangat jelas," kata Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Mantan Ketua DPR ink juga memuji kebijakan gas dan rem yang selalu dikedepankan oleh Presiden Jokowi, karena keselamatan rakyat adalah hal yang utama.

"Tentunya kita harus mengerti bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama, tapi juga masyarakat tidak kehilangan mata pencahariannya. Saya rasa sudah sangat pas, kebijakan gas dan rem untuk situasi di Tanah Air," ujarnya.

Mengutip data Kementerian Kesehatan (Keemenkes), kata Bamsoet, sepanjang Agustus 2021 ini Indonesia akan mendapatkan kiriman 70 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai merk. Pada 2 Agustus 2021, Indonesia menerima 620 ribu dosis vaksin Astra Zeneca yang merupakan hibah Kerajaan Inggris.

Pada 1 Agustus 2021, Indonesia telah menerima 3,5 juta dosis vaksin Moderna yang berasal dari pemerintah Amerika Serikat, hasil kerjasama multilateral dengan skema COVAX Facility.

"Sebelumnya, Indonesia juga telah menerima 4.500.160 dosis vaksin dari Amerika Serikat dalam 2 tahap. Tahap pertama 3.000.060 dosis vaksin dan tahap kedua 1.500.100. Maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin siap pakai," terang Bamsoet

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, MPR juga mendukung penuh kebijakan pemerintah yang terus memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, baik yang terpapar ataupun terdampak pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)