PKS Sarankan PPKM Level 4 Diperpanjang dan Diperluas

loading...
PKS Sarankan PPKM Level 4 Diperpanjang dan Diperluas
Suasana pos sepi tanpa penjagaan petugas membuat para pengendara bebas melewati jalur penyekatan di masa PPKM Level 4 di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Kamis (29/7/2021). Foto/MPI/Aldhi Chandra
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Netty Ahmad Heryawan meminta kebijakan PPKM Level 4 yang akan berakhir pada hari ini bukan hanya diperpanjang. Ia berpendapat, pemerintah harus memperluas kebijakan tersebut.

"Nampaknya restriksi lewat PPKM bukan hanya diperpanjang namun perlu diperluas," kata Netty saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (2/8/2021).

Netty meminta pemerintah harus benar-benar melakukan evaluasi pelaksanaan PPKM ini dengan memeriksa indikator laju penularan serta respons pemerintah dalam mengatasi penyebaran tersebut.

Sebab, Netty melihat angka kasus positif (positivity rate) Covid-19 di Indonesia masih di atas 26 persen. Angka ini, kata dia, masih jauh di atas dari standar organisasi kesehatan dunia (WHO) yang telah menetapkan angka positivity rate sebesar 5 persen.



Baca juga: Pemerintah Perlu Pertimbangkan Masukan Pihak Terdampak PPKM

Belum lagi, kata dia, soal testing yang masih rendah, dengan jumlah spesimen yang diperiksa masih jauh sebagaimana yang telah ditargetkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakni 400 ribu. Karena itu, Netty beranggapan bahwa perluasan terhadap PPKM harus dilakukan.

"PPKM Level 4 pada daerah-daerah yang positivity rate-nya tinggi, jauh di atas standar WHO, harus dilakukan karena lonjakan kasus sekarang bukan hanya terjadi di Pulau Jawa, tapi sudah terjadi di luar Pulau Jawa-Bali," pungkasnya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top