Kebenaran, Kebohongan, dan Jurnalisme

Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:09 WIB
loading...
A A A
Jurnalisme memiliki aturan dalam menyiarkan berita, seperti tidak menghakimi, azas praduga tak bersalah, menghormati keberimbangan dan yang utama adalah informasi harus diuji dahulu kebenarannya. Sebagai institusi produksi dan penyebaran informasi jurnalisme berpegang pada etika, standar profesional dan tanggung jawab dalam menghasilkan serta menyebarkan informasi. Prinsip inilah yang perlu menjadi budaya atau sistem nilai dalam era digital terkait penyebaran informasi. Meskipun dunia dan interaksi antara publik berubah, tetapi prinsip dasar jurnalisme tak pernah berubah.

Kondisi masyarakat yang terkontaminasi medsos akut perlu segera disadarkan melalui terapi. Ada baiknya jurnalisme diperkenalkan sejak dini sebagai salah satu terapi kepada masyarakat luas agar bijak dalam bermedsos. Dulu ada majalah dinding di sekolah-sekolah yang sekarang berubah bentuk menjadi media on-line melalui kegiatan ini pengenalan jurnalistik bisa lebih ditekankan.

Sayangnya, media sekolah sering tidak menarik sehingga siswa lebih banyak terhubung dengan media sosial, apakah itu Facebook, WhatsApp, Twitter dan sebagainya. Anak hidup dalam era informasi instan tetapi tidak banyak mendapat pendidikan, bagaimana berkomentar di media dengan baik. Jurnalisme membantu mereka menuliskan komentar positif dalam blog sekaligus belajar bertanggung jawab atas media yang dikelolanya.

Pelajaran atau pengenalan jurnalistik di sekolah kepada siswa dapat disisipkan dalam mata pelajaran yang sudah ada, seperti Pendidikan Informatika maupun Bahasa Indonesia. Selain melalui pelajaran ekstra kulikuler media massa yang sudah dilakukan sejumlah sekolah. Kerja sama antara sekolah dengan lembaga pers atau media jurnalistik dan Dewan Pers dapat dilakukan sebagai penguatan materinya. Intinya, jangan sampai menebar kebohongan kemudian hari menjadi budaya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)