Jejak Politik MS Kaban: Menteri Era SBY, Pimpin PBB, Kini Berjuang di Partai Ummat

loading...
Jejak Politik MS Kaban: Menteri Era SBY, Pimpin PBB, Kini Berjuang di Partai Ummat
MS Kaban (kanan) bersama M Amien Rais. Foto/Istimewa
JAKARTA - Sejarah mencatat sejumlah tokoh politik di Indonesia pernah pindah partai. Salah satunya, MS Kaban .Pernah pimpin PBB, kini MS Kaban berjuang di Partai Ummat .

Diketahui, pria bernama lengkap Malem Sambat Kaban ini dahulu dikenal sebagai ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB), partai yang antara lain didirikan ahli hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra .

Kini, MS Kaban dikenal sebagai tokoh Partai Ummat . Di partai besutan Tokoh Reformasi M Amien Rais itu, Kaban menjabat sebagai wakil ketua majelis syura.

Di dunia politik, pria kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 5 Agustus 1958 itu bukan orang baru. Sebab, sebelumnya Kaban bersama Yusril Ihza Mahendra mendirikan Partai Bulan Bintang (PBB) yang berasaskan Islam.



Baca juga: Waketum Partai Ummat Sugeng Meninggal Dunia, Ridho Rahmadi: Almarhum Salah Satu Pejuang Terbaik

Bahkan, Kaban sempat menjabat ketua umum PBB pada kurun waktu 1 Mei 2005 hingga 26 April 2015. Dia juga pernah menjabat Menteri Kehutanan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kurun waktu 21 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2009.

Kaban juga pernah mengajar kuliah. Di antaranya pernah menjadi dosen di Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan di Universitas Islam As Syafi'iyah.

Baca juga: Figur Amien Rais dan MS Kaban di Partai Ummat Bisa Jadi Magnet Politik Pemilih PAN dan PBB

Putra dari pasangan S. Tarigan, seorang ibu rumah tangga, dan A.M. Kaban (alm), seorang pedagang itu pun pernah menjadi anggota DPR RI. Dia menikah dengan Nurmala Dewi, dan memiliki tujuh anak.

Sejumlah jabatan lain pernah Kaban emban. Di antaranya Ketua tim Penelitian Potensi Ekonomi Lemah pada tahun 1993, serta menjadi peneliti muda pada studi pengkajian Strategi Pengusahaan Anak Perusahaan Joint Venture Pertamina pada 1994.



Kemudian, pernah terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia di Jakarta Public Relation, dan terjun meneliti potensi ekonomi wilayah Taman Nasional Gunung Leuser pada 1992. Dia juga aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sewaktu muda. Bahkan sempat menjadi ketua HMI Jakarta.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top