Wapres Ma'ruf Amin: MUI dan Ormas Islam Sepakat Salat dan Takbiran Idul Adha di Rumah

Senin, 19 Juli 2021 - 03:49 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin: MUI dan Ormas Islam Sepakat Salat dan Takbiran Idul Adha di Rumah
Wapres Maruf Amin. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Majelis Ulama Indoneisa (MUI ) dan sejumlah ormas Islam, sepakat pelaksanaan salat Idul Adha dilaksanakan di rumah. Sementara takbiran digelar secara virtual dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

Hal itu dikatakan oleh Ma'ruf dalam konferensi pers virtual Minggu (18/7/2021). Dia mengaskan bahwa ormas Islam sepakat dan tegas bahwa pelaksanaan ibadah Idul Adha tetap dilaksanakan dengan protokol ketat dengan penyelenggaraan dilakukan di rumah masing-masing.



"Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tapi memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jiwa manusia. Karena itu, supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja. Begitu juga untuk penyembelihan kurban supaya dilakukan melalui rumah pemotongan hewan dan dibagikan diantar dari rumah-rumah," kata Ma'ruf.

Pada malam takbir masyarakat diminta tetap di rumah dan melakukan takbir secara virtual. Pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian Agama berencana melakukan takbir nasional secara virtual bersama Presiden Jokowi.



Semua langkah itu harus diambil sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Ma'ruf Amin menyebut saat ini Indonesia dianggap sebagai episentrum baru atau pusat penyebaran virus Covid-19 apalagi berkembangnya varian Delta.

"Oleh karena itu semuanya sepakat jangan sampai penyelenggaran Idul Adha ini kemudian menjadi klaster baru yang menambah semakin tingginya tingkat penularan. Semua ormas Islam merasa bertanggung jawab untuk mencoba mencegah itu," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)