BIN Lanjutkan Vaksinasi Door to Door sambil Bagikan 10.000 Paket Sembako di 6 Provinsi

Minggu, 18 Juli 2021 - 13:02 WIB
loading...
BIN Lanjutkan Vaksinasi Door to Door sambil Bagikan 10.000 Paket Sembako di 6 Provinsi
Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan saat vaksinasi door to door di Jawa Barat, Minggu (18/7/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melakukan aksi langsung terjun ke lapangan melakukan vaksinasi sekaligus memberikan 10.000 bansos (bantuan sosial) berupa sembako, termasuk vitamin secara door to door serentak di beberapa wilayah.

"Hari ini sesuai perintah bapak Presiden, BIN melaksanakan vaksinasi door to door dan pembagian bansos (bantuan sosial) sebanyak 10.000 (paket) termasuk vitamin di 6 provinsi," kata Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan di Jawa Barat, Minggu (18/7/2021).

Dia menjelaskan, vaksinasi door to door yang dilakukan BIN merupakan salah satu upaya akselerasi program vaksinasi 3 juta dosis per hari. Sehingga target herd immunity (kekebalan komunal) mencapai 70% pada akhir 2021.

Baca juga: Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Door to Door BIN di Tangerang: Lebih Baik Begini Tidak Berkerumun

Menurut Budi Gunawan, aksi vaksinasi massal untuk kalangan dewasa dan pelajar (SMP-SMA) tersebut dilakukan serentak beberapa titik di enam provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Riau. Daerah-daerah tersebut merupakan zona merah persebaran Covid-19.

"Door to door vaksin yang dilakukan BIN mengadopsi metode vaksinasi yang digunakan beberapa negara seperi AS dan India. Ini merupakan solusi yang efektif dan efisien yang dapat membantu menekan laju penyebaran Covid-19," katanya.

Door to door vaksinasi sekaligus pembagian sembako yang dilakukan BIN dengan pendekatan langsung kepada masyarakat diharapkan menjadi solusi efektif dan efisien yang dapat membantu menekan laju penyebaran Covid-19.

Baca juga: Vaksinasi Door to Door BIN Menyasar 1.000 Siswa di Balikpapan

"Pembagian Sembako sekaligus melakukan metode vaksinasi jemput bola diharapkan mampu meningkatkan partisipasi warga dalam melaksanakan vaksinasi. Metode ini terbukti dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin. Selain itu, dapat pula menjangkau individu yang takut keluar rumah untuk menghindari tertular Covid-19," kata Budi Gunawan.

Dia menegaskan, pembagian bansos berupa sembako ini diharapkan dapat sedikit meringankan kesulitan secara ekonomi. Pandemi Covid-19 ini memiliki efek dramatis pada kesejahteraan banyak keluarga dan masyarakat.

"Bagi keluarga yang rentan, hilangnya penghasilan akan berakibat pada meningkatnya kemiskinan, anak-anak yang akan mendapat asupan gizi lebih sedikit, dan berkurangnya akses kesehatan untuk hal-hal di luar COVID-19. Diharapkan pembagian bansos ini, sedikit meringankan beban keluarga yang terdampak Covid-19," kata Budi Gunawan.

Ia mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan mengajak gotong-royong, bahu-membahu menyisihkan rezekinya berbagi untuk saudara-saudara lainnya agar pandemi ini segera berakhir.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)