Ditjen PAS Pastikan Foto Setnov yang Beredar Diambil Tahun Lalu

Minggu, 18 Juli 2021 - 07:40 WIB
loading...
Ditjen PAS Pastikan Foto Setnov yang Beredar Diambil Tahun Lalu
Ditjen Pas Kemenkumham) memastikan bahwa foto Setya Novanto (Setnov) yang sedang memegang handphone di Lapas Sukamiskin adalah foto lama yang diambil pada waktu Iduladha tahun lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Pas Kemenkumham) memastikan bahwa foto Setya Novanto (Setnov) yang sedang memegang handphone di Lapas Sukamiskin adalah foto lama yang diambil pada waktu Iduladha tahun lalu. Sebelumnya foto Setnov yang terlihat sedang duduk mengenakan baju berkerah biru dengan dua ponsel di hadapannya sempat viral di media sosial.

Selain Setnov, dalam foto itu juga terlihat mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada dan beberapa tahanan lainnya. Kepala Bagian (Kabag ) Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti menyatakan foto tersebut diambil saat perayaan Iduladha tahun lalu dan bukan foto baru.

“Itu foto tahun lalu, ketika Iduladha, hari raya kurban. Jadi itu bukan foto sekarang,” kata Rika saat dikonfirmasi, Sabtu (17/7/2021). (Baca juga; Setnov Kepergok Bawa 2 Ponsel di Lapas Sukamiskin, Kalapas: Sudah Kita Ingatkan )

Menurut dia, pengetatan dan razia di dalam lapas dan rutan semakin ditingkatkan untuk memastikan bahwa lapas dan rutan harus steril dari handphone dan narkoba. "Sterilisasi terhadap barang-barang yang dilarang masuk juga melibatkan kerja sama dengan jajaran Polri untuk melakukan razia rutin agar lapas dan rutan steril dari barang-barang terlarang termasuk narkoba," ungkapnya.

Rika sangat berterima kasih dengan masukan dan kritik masyarakat terhadap kejadian ini. Dia berjanji bahwa masukan dan kritik tersebut akan menjadi masukan berharga bagi lembaganya. "Ini masukan berharga dan kami berjanji untuk semakin memperbaiki sistem dan pelaksanaannya yang ada di dalam lapas dan rutan," katanya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Taufiqurrahman membenarkan bahwa foto itu diambil saat perayaan Iduladha tahun lalu. Dan ia mengatakan bahwa kanwil Jabar akan melakukan pemeriksaan dan berkomitmen akan melalukan razia-razia dan pengetatan di dalam lapas.

“Razia dan penegakan disiplin akan kami tingkatkan dan perbaikan terhadap celah potensi terjadinya pelanggaran,” kata Taufiq. (Baca juga; Setnov Tampil Perlente, Begini Tanggapan Kalapas Sukamiskin )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3998 seconds (0.1#10.140)