Satpol PP Pukul Pemilik Kafe, Jokowi Ingatkan Aparat Jangan Keras dan Kasar

Sabtu, 17 Juli 2021 - 17:29 WIB
loading...
Satpol PP Pukul Pemilik Kafe, Jokowi Ingatkan Aparat Jangan Keras dan Kasar
Presiden Jokowi menyoroti pemukulan petugas Satpol PP ke pemilik kafe di Gowa, Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan PPKM Mikro. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaannya dilakukan berbagai kebijakan menekan mobilitas masyarakat, salah satunya penyekatan jalan.

Meski begitu, Presiden Jokowi mengingatkan aparat untuk berhati-hati dalam upaya menurunkan mobilitas masyarakat. "Hati-hati dalam menurunkan mobility indeks mengenai penyekatan dan penanganan terhadap masyarakat, pedagang, PKL, toko," katanya dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Hal ini Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait evaluasi PPKM Darurat pada 16 Juli 2021 kemarin. Pada kesempatan itu juga Jokowi memperingatkan para aparat untuk tidak bersikap keras dan kasar dalam melakukan penertiban.

Baca juga: Begini Kronologis Oknum Satpol PP Pukul Wanita Pemilik Kafe di Gowa

"Saya minta kepada Polri dan juga Mendagri kepada daerah agar jangan keras dan kasar. Tegas dan santun," ungkapnya.

Menurut Jokowi, menegur masyarakat dengan tegas dan santun sambil membagikan beras akan bisa tersampaikan pesannya. "Sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan, sambil bagi beras. Itu mungkin bisa sampai malah pesannya," tuturnya.

Presiden mengatakan kejadian aparat memukul warga malah akan memanaskan suasana. "Saya kira peristiwa-peristiwa yang ada di Sulawesi Selatan misalnya Satpol PP memukul pemilik warung, apalagi ibu-ibu, ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana," katanya.

Baca juga: Oknum Satpol PP Pukul Ibu Hamil saat Razia PPKM, Bupati: Tak Tolerir Tindak Kekerasan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)