Saleh Partaonan Daulay Jadi Sorotan, Ini Sosoknya

Kamis, 15 Juli 2021 - 14:03 WIB
loading...
Saleh Partaonan Daulay Jadi Sorotan, Ini Sosoknya
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menjadi sorotan baru-baru ini. Penyebabnya, Saleh diberitakan tidak mau lagi mendengar ada anggota DPR yang tidak mendapatkan ruang ICU di rumah sakit.

Pernyataan Saleh itu disampaikan saat rapat Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa 13 Juli 2021. Siapakah Saleh Partaonan Daulay ?

Saleh merupakan legislator asal Daerah Pemilihan Sumatera Utara II. Di periode pertama, 2014-2019, pria kelahiran Sibuhuan, Sumatera Utara, 5 April 1974 itu sempat menjabat Wakil Ketua Komisi IX DPR, komisi yang membidangi Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan.

Di DPR, Saleh juga menjabat Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan putra Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais yang mengundurkan diri dari DPR RI. Di PAN, Saleh menjabat ketua dewan pimpinan pusat (DPP).

Saleh juga pernah menjabat sebagai ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Saleh lulus kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 1997. Di USU, Saleh menerima beasiswa dari Yayasan Supersemar untuk jangka waktu 3,5 tahun.



Selanjutnya, dia melanjutkan kuliah Pascasarjana jurusan Sejarah Peradaban Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1998. Di UIN Syarif Hidayatullah, Saleh menerima beasiswa dari Departemen Agama.

Pada tahun 1999 atau setahun kemudian, Saleh melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI) dengan jurusan Filsafat. Alhasil, kuliah magister dijalankannya di dua tempat pada waktu yang bersamaan.

Di UI, Saleh mendapat beasiswa program pascasarjana (BPPS) dari Diknas. Saleh juga pernah tercatat sebagai penerima Beasiswa dari Yayasan Sopo Godang Jakarta. Di bangku kuliah, Saleh mengikuti organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Setelah S-2, Saleh melanjutkan perkuliahannya ke jenjang S-3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2000 dengan jurusan Pemikiran Islam. Dia juga sempat menjadi dosen mata kuliah Filsafat Budaya, Filsafat Sejarah, Filsafat Ilmu, Filsafat Islam, dan juga Filsafat Umum di Fakultas Adab IAIN Raden Fatah Palembang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)