Kepala BIN: Metode Door To Door Tingkatkan Partisipasi Warga yang Takut Vaksin

Rabu, 14 Juli 2021 - 19:15 WIB
loading...
Kepala BIN: Metode Door To Door Tingkatkan Partisipasi Warga yang Takut Vaksin
Kepala BIN Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan menyebut vaksin dengan metode door to door mampu meningkatkan partisipasi masyarakat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi massal terhadap warga secara door to door. Kepala BIN Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan menyebut vaksin dengan metode seperti ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Metode vaksinasi door to door yang kita gunakan mengadopsi dari metode vaksinasi oleh beberapa negara yang telah mampu meningkatkan partisipasi, menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan takut keluar rumah untuk menghindari tertularnya pandemi," ujar Budi Gunawan di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021).

Dia menjelaskan, vaksinasi ini digelar serentak di 14 provinsi episentrum Covid-19. Di antaranya, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, hingga Papua.

Selain menggelar vaksinasi massal terhadap warga secara door to door, BIN juga melakukan vaksinasi terhadap para pelajar SMP dan SMA. Menurut Budi, pihaknya menargetkan penerima vaksin sebanyak 50.000 orang. "Jumlah seluruh peserta vaksinasi berjumlah kurang lebih 50.000 orang yang terdiri dari 15.000 pelajar SMP, 15.000 pelajar SMA, dan 20.000 masyarakat beserta vaksinasi door to door," ucap dia.

Budi menegaskan, pihaknya memberikan perhatian serius terkait program vaksinasi yang sedang dijalankan pemerintah. Khususnya terhadap anak-anak berusia 12-18 tahun. "BIN sangat memberikan perhatian serius pada program vaksinasi khusus untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun. Pertama para pelajar SMP dan SMA yang merupakan generasi penerus dan menjadi tulang punggung bangsa dan negara," ucap dia.

Dia lantas berharap ikhtiar tersebut dapat membentuk target herd immunity. Sehingga, Indonesia mampu mengatasi pandemi Covid-19. "Tentunya ini menjadi untuk terus berjuang mencapai target kekebalan komunitas pada akhir tahun 2021 bangsa Indonesia memiliki energi yang positif energy untuk sehat dan energy untuk menjadi Indonesia yang hebat," tutur dia.

Presiden Joko Widodo pun mengapresiasi BIN. Jokowi yang memantau langsung kegiatan tersebut secara virtual menyebut proses vaksinasi harus dipercepat agar masyarakat Indonesia mencapai herd immunity. "Pertama saya apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar SMP dan SMA," ujar Jokowi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4185 seconds (0.1#10.140)