Kesederhanaan Hidup di Ujung Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kamis, 08 Juli 2021 - 15:07 WIB
loading...
Kesederhanaan Hidup di Ujung Perbatasan Indonesia-Malaysia
Ibu Johana yang sudah lama tinggal di RT 11 Desa Binusan Dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesederhanaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ibu Johana yang sudah lama tinggal di RT 11 Desa Binusan Dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesederhanaan. Mulai dari bekerja sebagai Ibu rumah tangga, tokoh agama hingga merangkap sebagai bendahara kelompok tani membuat Ibu Johana masih bersemangat dalam menjalani hidupnya.

Fenomena kehidupan yang sederhana dan penuh semangat ini didapati di tengah dilaksanakannya Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara),

Meski kondisi desa dengan segala keterbatasan yang ada, Ibu Johana tetap kuat dan tak pernah larut dalam keluhan dan keterbatasan yang ada di desanya.

Namun kali ini sorot mata Ibu Johana berbinar gembira, seiring ada perubahan di desanya yang cukup signifikan. Seperti adanya sejumlah pembangunan infrastruktur dari program TMMD 111 Kodim 0911/Nunukan.

"Jadi dalam hidup itu, mengeluh boleh tapi jangan lama. Setelah itu berdiri dan bangkit lalu kerjakan apa yang kita bisa selagi itu positif dan bermanfaat," ujar Ibu Johana, Kamis (8/7/2021).

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 Meter x 6 Meter, pembangunan 4 buah plat duiker dengan ukuran 1,5 Meter x 6 Meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit, penampungan air bersih dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit.

Untuk sasaran nonfisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)