Survei Voxpol: Popularitas Prabowo Tertinggi, Paling Disukai Sandiaga Uno

Sabtu, 03 Juli 2021 - 15:28 WIB
loading...
Survei Voxpol: Popularitas Prabowo Tertinggi, Paling Disukai Sandiaga Uno
Popularitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tetap yang tertinggi, tapi yang paling disukai justru Sandiaga Uno yang menempati popularitas kedua. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Voxpol Center merilis survei nasional terbaru yang bertajuk "Jokowi Cukup 2 Periode? Meneropong Peta Elektoral 2024, Capres Potensial Pengganti Jokowi" yang disiarkan secara daring, Sabtu (3/7/2021). Hasilnya, popularitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tetap yang tertinggi, tapi yang paling disukai justru Sandiaga Uno yang menempati popularitas kedua.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, popularitas dan elektebilitas ini juga akan menjadi penting jika diketahui sejauh mana orang suka. Sebab orang kenal, orang suka, baru kemudian orang pilih. Biasanya pertumbuhan elektabilitas akan lebih maksimal lagi jika orang itu belum dikenal dan disukai.

"Karena dipilihnya disukai dan dikenalnya belum maksimal, belum powerful. Jadi kalau masih di bawah itu untuk memompa elektabilitas itu masih terbuka sangat luas," kata Pangi.

Baca juga: Survei Voxpol Center: Ganjar Pranowo Presiden RI Bila Pilpres Digelar Sekarang

Pangi memaparkan, Prabowo Subianto cukup tinggi popularitasnya mencapi 87,9% karena dia 3 kali ikut menjadi peserta pemilu presiden (pilpres). Disusul Sandiaga Uno 87,7%, Anies Baswedan 86,8%, Agus Hraimurti Yudhoyono (AHY) 79,6%, Ridwan Kamil (RK) 76%, Puan Maharani 74,3%, Sri Mulyani 72,2%, Ganjar Pranowo 71,9%, Erick Thohir (ET) 68,3% dan tokoh lainnya di bawah 66,2%.

Namun, sambung dia, Prabowo likeabilitias atau disukai respondenya hanya sebesar 74%. Sementara Sandiaga 77,1%, Anies 76%, AHY 64%, RK 65%, Puan Maharani 55,1%, Ganjar disukai 62,7%, Erick Thohir disukai 56,3%.

Namun untuk top of mind, pertanyaan yang disodorkan spontan tanpa disebutkan dahulu nama-nama calonnya, hasilnya berbeda. Publik menjawab dengan refleks dan hasilnya Ganjar pranowo 17,3%, Joko Widodo 16,8%, Prabowo Subianto 16,5%. Disusul Anies 13,7%, Sandi 8,3%, Ridwan Kamil 3,9%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,3% dan Puan Maharani 1,3%.

Baca juga: Pulang dari Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan Melayat ke Kediaman Rachmawati Soekarnoputri

"Ini temuan saja, jadi popularitas 87,9% yaitu Pak Prabowo Kemudian yang kedua adalah Pak Anies dari segi popularitas (86,8%). Kemudian Kalau dari segi kedisukaan itu yang paling tinggi justru Sandiaga Uno nomor 2 adalah Anies, nomor 3 adalah Prabowo Subianto," paparnya.

Voxpol Center Research and Consulting menyelenggarakan survei nasional pada 22 Juni-1 Juli 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei ini menjangkau 34 provinsi dengan memperhatikan proporsionalitas antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Pengumpulan data dilakukan melalui telepon, hal ini dilakukan untuk meminimalisir pertemuan secara langsung/tatap muka yang rentan terhadap penyebaran virus Covid-19. Pengambilan data dilakukan oleh 26 orang surveyor terlatih yang dikoordinir oleh 1 orang koordinator surveyor dan diawasi secara langsung dan ketat oleh 1 orang supervisor selama proses survei berlangsung.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)