Rachmawati Soekarnoputri di Mata Yusril Ihza Mahendra: Sosok Nasionalis Sejati

Sabtu, 03 Juli 2021 - 09:53 WIB
loading...
Rachmawati Soekarnoputri di Mata Yusril Ihza Mahendra: Sosok Nasionalis Sejati
Rachmawati Soekarnoputri. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri meninggalkan dukacita yang mendalam bagi banyak orang, terutama yang dekat dan mengenalnya. Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menilai kepergian Rachmawati Soekarnoputri itu terasa begitu tiba-tiba.

"Sejak Pandemi merebak awal 2020, saya tak berkesempatan bertemu dengan beliau, sampai pagi ini saya mendapat kabar beliau wafat. Kita semua kepunyaan Allah, dan kita semua akam kembali kepada-Nya," cuit Yusril di akun Twitternya, @Yusrilihza_Mhd, Sabtu (3/7/2021).

Yusril pun punya penilaian pribadi terhadap sosok Putri Bung Karno itu. "Bu Rachma adalah sosok nasionalis sejati. Sikap religiusnya juga terasa, baik dalam ucapan, sikap dan tindakan," ungkap Yusril.

Kemudian, Yusril menilai keteguhan Rachmawati Soekarnoputri memegang idealisme menyebabkan almarhumah semasa hidupnya menempuh cara sendiri dalam berjuang. "Beliau tidak mengejar posisi dan jabatan," ujar Yusril.



Karena itu, kata dia, Rachmawati Soekarnoputri kritis terhadap perkembangan dan kekuasaan politik, siapapun yang berkuasa. "Mengedepankan idealisme dan rela berada di luar lingkaran kekuasaan adalah sesuatu yang melekat pada kepribadian beliau. Hal itu menjadi pelajaran dan keteladanan bagi kita semua," tuturnya.

Yusril pun mengaku berbincang-bincang dengan Rachmawati semasa hidup terasa sangat menyenangkan. Kata dia, idealisme Rachmawati untuk menjaga persatuan dan memajukan bangsa tidak pernah padam.



"Secara politik orang lain bisa saja beda pandangan dengan beliau. Namun, hampir semua mengakui ketulusannya dalam bersikap," ujarnya.

Yusril pun mendoakan agar segala amal kebaikan Rachmawati diterima Allah dan segala kekhilafannya semasa hidupnya bisa diampuni. "Saya menjadi salah seorang saksi bahwa beliau adalah seorang yang baik hati, teguh pendirian dan menghormati pendirian orang lain," ucapnya.

"Selamat jalan Bu Rachma. Pulanglah ke haribaan ilahi dengan jiwa yang tenang dan damai," tambah Yusril.

Yusril melanjutkan, tugas-tugas Rachmawati di dunia ini sudah selesai. "Kehidupan masih akan terus berlanjut. Rajawali masih akan terus beterbangan di cakrawala. Masih ada generasi baru yang idealis seperti Bu Rachma," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) pukul 6.15 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)