Cerita Rico Marbun Mantan Ketua BEM UI: Demo Habibie, Gus Dur, hingga Megawati

Kamis, 01 Juli 2021 - 13:34 WIB
loading...
Cerita Rico Marbun Mantan Ketua BEM UI: Demo Habibie, Gus Dur, hingga Megawati
Mantan Ketua BEM UI yang kini Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Nama Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI menjadi perbincangan publik setelah postingan soal The King of Lip Service baru-baru ini menjadi polemik. Jauh sebelum dipimpin oleh Leon Alvinda Putra, BEM UI pernah dipimpin sejumlah orang yang kini sudah berkiprah di berbagai bidang, salah satunya Rico Marbun .

Rico menjadi mahasiswa UI sejak sekitar tahun 1998-an. Dia memilih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) jurusan Fisika UI. Kemudian, menjabat Ketua BEM UI sekitar tahun 2002-2003.

Rico Marbun, pria kelahiran Balikpapan 24 Maret 1981 itu juga pernah Ketua Senat Fakultas MIPA UI. Sebelum kuliah, anak dari Pasangan Robert Marbun dan Suparmi ini mengenyam pendidikan di SMP 15 Menteng Dalam Jakarta Pusat dan SMA 26 Tebet, Jakarta Selatan.



Selama menjadi mahasiswa, dirinya seringkali ikut demonstrasi atau unjuk rasa protes ke pemerintahan saat itu. "Dari tahun 98. Habibie, Gus Dur, Megawati," ujar Rico Marbun kepada SINDOnews, Kamis (1/7/2021).

Rico pun menanggapi gaya kritikan BEM UI saat ini kepada Presiden Jokowi yang sedang ramai diperbincangkan. "Ah itu masih biasa ah. Dulu kita kan kerjanya malah minta presiden turun dari jabatan. Santai aja," ujar Rico dengan emoji tertawa.

Setelah dari UI, Rico Marbun melakukan pendidikannya di Singapura, tepatnya di Institute of Defense and Strategic Studies. "Terus pulang jadi staf pengajar di PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, red)," katanya.



Kemudian, Rico juga sempat mengajar di Universitas Paramadina sekitar tahun 2008 hingga 2012-an. Setelah itu, mendidikan lembaga survei Median atau Media Survei Nasional.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5597 seconds (0.1#10.140)