Terima Asosiasi, Risma Bakal Salurkan Bansos lewat Aplikasi Fintech

Kamis, 24 Juni 2021 - 16:12 WIB
loading...
Terima Asosiasi, Risma Bakal Salurkan Bansos lewat Aplikasi Fintech
Mensos Tri Rismaharini menyatakan akan menggunakan aplikasi fintech untuk menyalurkan bansos. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan tengah mempersiapkan penyaluran bantuan sosial ( bansos ) berbasis fintech. Inovasi ini bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan upaya pengawasan dan pengendalian (24/6/2021)

“Sesuai Perpres bansos melalui Himbara, namun seiring perkembangan tidak mungkin lagi manual tanpa bantuan teknologi, ” ujar Risma seusai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Ia memaparkan bahwa proses berbasis teknologi dinilai jauh lebih baik daripada proses manual. Hal ini dikarenakan proses manual dinilai banyak kekurangan terlebih untuk pengawasan dan pengendalian program. “Penggunaan alat secara manual masih banyak kekurangan dan tidak tepat sasaran bagi para Penerima Manfaat (PM), ” ungkap Risma sebagaimana dikutip di laman resmi Kemensos.



Risma mengatakan bahwa hampir seluruh dunia menggunakan fintech dalam penyaluran bansos. “Kami welcome dengan fintech yang saat ini hampir di seluruh dunia digunakan keuangan yang berbasis digital tersebut,” ujar Risma.

Ia memaparkan bahwa kelebihan inovasi fintech dalam penyaluran bansos, yaitu selain lebih cepat dan akurat, tapi juga lebih efektif dan efisien. “Jelas itu akan sangat berpengaruh tidak hanya untuk memudahkan pengendalian, kontrol dan pengawasan, ” ucap Risma.

Pada awal ditunjuk menjadi Menteri Sosial (Mensos), Presiden menunjukan hasil survei kedua tentang pemanfaatan bansos oleh para penerima. Hasil survei kedua dengan menggunakan fintech dapat mendeteksi penerima manfaat yang membelanjakan bansos diluar ketentuan. “Misalnya, jika di software tidak ada jual rokok maka tak seorang pun bisa membeli rokok. Artinya, untuk pengendalian dan pengawasan lebih mudah dilakukan, ” kata Risma.



Untuk penyaluran bansos dengan menggunakan fintech, Kemensos akan menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Implementasi fintech itu akan secepatnya kami lakukan dan semoga bisa dilaunching pada tanggal 17 Agustus ini, ” tandas Risma.

Dalam kesempatan itu turut hadir Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin; Dirjen Penanggulangan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama; Ketua Umum Aftech, Pandu Sjahrir; CEO Veri Jelas, Alwin Kiemas; dan Ketua Harian Fintech, Mercy Simorangkir.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)