Kasus COVID-19 Melonjak, AHY Serukan Pentingnya Solidaritas Global Sukseskan Vaksinasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 22:25 WIB
loading...
Kasus COVID-19 Melonjak, AHY Serukan Pentingnya Solidaritas Global Sukseskan Vaksinasi
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat beri sambutan acara The Summit for Vaccine Internationalism. FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Di tengah proses pemberian vaksin kepada masyarakat secara menyeluruh, kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Dari kenaikan kasus yang signifikan, ditemukan satu varian baru.

Melihat hal tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerukan pentingnya solidaritas global dalam menyukseskan program vaksinasi masyarakat dunia secara adil dan merata.

"Kita harus menyadari bahwa dukungan global, serta kerja sama yang efektif dan saling menguntungkan antar pemerintah, sektor swasta, organisasi internasional, dan produsen vaksin, sangat diperlukan untuk menghadapi situasi krisis ini," kata AHY saat beri sambutan acara The Summit for Vaccine Internationalism.

Melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (22/6/2021), AHY menilai Indonesia seperti negara lain menghadapi kesulitan dalam penanganan kasus Covid-19. Meskipun proses vaksinasi terus berjalan, tapi kapasitas Indonesia untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin masih jauh tertinggal.

AHY juga menyoroti pentingnya proses vaksinasi di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang saat ini dihadapi Indonesia pasca perayaan Lebaran. Meningkatnya, jumlah kasus bersamaan dengan tingkat ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 bisa memunculkan krisis baru.

"Partai Demokrat aktif turut serta dalam membangun kerja sama selatan-selatan ini dengan membawa harapan untuk mengakhiri ketimpangan akses vaksin dan obat-obatan COVID-19 bagi seluruh masyarakat di dunia,” tuturnya

“Dalam krisis global hari ini, tidak ada utara dan selatan, tidak ada negara maju dan berkembang, tidak ada negara kaya dan miskin. Kita adalah satu, sehingga kita harus bertindak sebagai satu,” tegasnya.

Untuk itu, AHY sangat mendukung adanya Trade Related Aspect of Intellectual Property Rights (TRIPS) Waiver untuk membuka akses transfer ilmu dan teknologi yang dibutuhkan, terutama bagi negara berkembang (termasuk Indonesia) untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan efikasi tinggi serta obat-obatan dalam skala besar.

“Inisiatif ini, kami yakin, akan menjadi _game-changer_ yang penting. Dengan memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin kita sendiri, kita akan dapat mencapai kekebalan lebih cepat dan mengalahkan pandemi lebih cepat. Kita harus berjuang bersama,” tambahnya.

Dalam acara tersebut AHY juga mengajak seluruh partisipan yang hadir serta masyarakat luas untuk bekerja bersama-sama dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Mari kita tunjukkan tekad dan komitmen kita untuk persatuan global, solidaritas, keadilan dan kemanusiaan,” Pungkasnya.

Adapun Summit for Vaccine Internationalism adalah pertemuan internasional yang diselenggarakan oleh Progressive International yang bertujuan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan memberikan vaksin untuk semua.

Melalui Summit for Vaccine Internationalism ini, Progressive International menghadirkan aliansi para menteri pemerintah, pemimpin politik, dan pakar di negara-negara Selatan untuk membangun solidaritas global.

Seperti berbagi teknologi dan berbagi pengetahuan, dan menyuarakan pentingnya menghentikan ketimpangan akses vaksin dan obat-obatan Covid19 dengan segera melaksanakan TRIPS Waiver dan melakukan produksi nasional secara mandiri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)