Panglima TNI Dampingi Jokowi Tinjau Persiapan Penerapan Prosedur New Normal

Selasa, 26 Mei 2020 - 11:07 WIB
loading...
Panglima TNI Dampingi Jokowi Tinjau Persiapan Penerapan Prosedur New Normal
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di sarana publik. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di sarana publik. Lokasi pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi di sekitaran Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Dalam kegiatan ini turut hadir Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Gubernur DKI Anies Baswedan, Pangdam Jaya, Asops Panglima TNI serta segenap Pejabat TNI Polri dan pemerintahan. (Baca juga: Persiapan New Normal, Jokowi Siagakan TNI/Polri di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota)

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa terhitung mulai hari ini pengawasan dari anggota TNI dan Polri di sejumlah titik transportasi umum akan lebih ketat. Tidak hanya di Jakarta namun di provinsi lainnya juga khususnya dalam menjalankan hidup New Normal.

"Pagi hari ini saya datang ke Stasiun MRT dalam rangka memastikan bahwa mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka, lebih mendisiplinkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," terangnya.

Di samping itu, Panglima TNI pmenegaskan bahwa, “TNI dan Polri akan menggelar pendisiplinan protokol kesehatan untuk menyongsong kehidupan normal yang baru (New Normal) di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan pendisiplinan digelar serentak di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota,” terang Panglima TNI.

Adapun objek pendisiplinan protokol kesehatan dilakukan di tempat sektor kehidupan, seperti sarana transportasi massal, pasar, mal, tempat pariwisata dan lain sebagainya. "Ada 1.800 obyek yang akan kita laksanakan pendisiplinan PSBB," kata Hadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pada tahap pertama, aparat akan melaksanakan pendisiplinan di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo. (Baca juga: Gugus Tugas: 256.946 Spesimen Covid-19 Telah Diperiksa)

"Mudah-mudahan tahap pertama bisa berjalan baik akan kita atur mal yang kapasitas 1000 akan kita izinkan 500 saja dan kita awasi," terang Panglima TNI.

TNI-Polri akan menjaga fasilitas tempat-tempat keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat agar aman dari penularan virus Corona (COVID-19).

Selain mal, TNI-Polri juga menjadi tempat yang akan dibatasi kapasitasnya. Panglima TNI mengatakan rumah makan dengan kapasitas 500 orang akan dibatasi hanya 200 orang saja.

Pendisiplinan aktivitas masyarakat di ruang publik juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Diharapkan masyarakat dapat tetap beraktivitas tapi tetap aman dari penularan COVID-19.

"Kerja sama TNI-Polri dan pemerintah daerah termasuk dengan Gugus Tugas, mudah-mudahan apa yang kita inginkan semua masyarakat tetap beraktivitas tapi aman dari COVID-19," pungkasnya. (Baca juga: MUI Minta Polisi Usut Hoaks Seruan agar Ulama Tolak Tes Corona)

Pengawasan tersebut bentuk kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan akan lebih terjaga. Sehingga, mampu menurunkan kurva penyebaran COVID-19.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)