Kerap Sambangi Masyarakat, Dukungan ke Puan untuk 2024 Mulai Mengalir

Selasa, 15 Juni 2021 - 13:07 WIB
loading...
Kerap Sambangi Masyarakat, Dukungan ke Puan untuk 2024 Mulai Mengalir
Sejumlah baliho mulai bertebaran berisi gambar Ketua DPR RI Puan Maharani dan pesan dukungan politik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah baliho mulai bertebaran berisi gambar Ketua DPR RI Puan Maharani dan pesan dukungan politik. Ini menunjukan masyarakat semakin berani mendorong putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu untuk maju dalam kontestasi politik 2024.

Baca Juga: Puan
Menurut Adi, pesan dari media tersebut menjadi penegasan bahwa Puan mendapatkan sokongan moril dari masyarakat. Sambutan masyarakat menjadi jawaban positif atas aktivitas Puan yang sering turun ke daerah. "Bak gayung bersambut, dukungan mulai muncul dan mulai mulai roadshow," ungkapnya.

Baca juga: Baliho Puan Bertebaran di Jatim, PDIP: Menunjukan Kesiapan dan Pengenalan

Sementara itu Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan baliho yang dipublikasikan sejumlah masyarakat mampu meningkatkan kesadaran atau popularitas yang positif bagi Puan.

"Dengan popularitas yang positif ini, tentu titik awal mendorong kesukaan publik kepada Puan, kemudian dapat mendongkrak elektabilitas," terangnya.

Ke depan kata dia, perlu diintensifkan dikomunikasikan kepada publik keberhasilan Puan saat menjadi anggota DPR RI, Ketua Fraksi PDIP, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Ketua DPR RI.

"Selain itu, saya yakini Puan akan lebih intensif berkomunikasi langsung dengan seluruh rakyat dalam memperbincangkan permasalahan-permasalahan yang nyata. Itu terutama penanganan Covid-19 dan peningkatan ekonomi rakyat," pungkasnya.

Dukungan terhadap Puan tampaknya bukan saja dilakukan oleh relawan yang mulai bergerak tapi juga jajaran internal PDIP juga mulai secara terang terangan nyatakan dukungan kini, setelah beberapa elit di DPP PDIP kini sejumlah DPC didaerah-daerah mulai nyatakan dukungannya secara tegas.

Diantaranya DPC PDIP Kebumen yang secara resmi mengusulkan Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Keputusan itu hasil Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PDIP Kebumen yang dihadiri oleh DPC, eksekutif, legislatif, KSB PAC dan ketua Badan Sayap Partai.

"DPC PDIP Kabupaten Kebumen didukung oleh seluruh komponen PAC badan sayap, mengusulkan agar capres 2024 adalah Mbak Puan Maharani," kata Ketua DPC PDIP Kebumen, Saiful Hadi.

Selain itu, DPC PDIP Purbalingga secara resmi mendukung Ketua DPP PDIP Puan Marahani sebagai capres pada Pilpres 2024. Keputusan tersebut merupakan hasil Rakercab DPC PDIP Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Rakercab diikuti oleh jajaran pengurus DPC, anggota Fraksi PDIP DPRD Purbalingga, pengurus PAC, serta ketua badan sayap partai

"DPC PDIP Kabupaten Purbalingga beserta segenap jajarannya, mulai Pengurus Anak Cabang (PAC), ranting dan badan sayap resmi mengusulkan Puan Maharani sebagai capres di Pilpres 2024. Itu sikap bulat kami," kata Ketua DPC PDIP Purbalingga Bambang Irawan kepada wartawan.

"Ada beberapa keputusan yang diambil dalam rakercab. Salah satunya menyatakan dukungan agar Puan Maharani menjadi capres di Pilpres 2024," jelasnya.

DPC PDIP Banjarnegara mengusulkan Puan Maharani sebagai capres pada Pilpres 2024. Keputusan ini berdasarkan Rakercab yang diikuti 20 PAC di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Selain mengusulkan calon presiden, hasil Rakercab juga mengusulkan bakal calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024 nanti. Hanya, berdasarkan hasil Rakercab belum mengerucut ke salah satu nama.

"Kami mendengarkan suara 20 PAC PDI Perjuangan yang ada di Banjarnegara. Ini usulan dari bawah bahwa ibu Puan Maharani diusulkan menjadi calon presiden. Sedangkan untuk bakal calon kepala daerah, baik bupati atau gubernur mengusulkan kader terbaik internal partai," kata Ketua DPC PDIP Banjarnegara, Nuryanto, saat jumpa pers di kantor DPC PDIP Banjarnegara.

DPD PDIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) juga telah selesai menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar di Tanjungpandan, Belitung. Hasilnya, secara aklamasi seluruh DPC dan DPD PDIP Provinsi Bangka Belitung mengusulkan Puan Maharani sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Dikatakan bahwa hasil Rakerda ini merupakan kelanjutan usulan dari Rakercab PDIP di seluruh wilayah Babel. Hal ini sebagaimana ditegaskan Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung, Rudianto Tjen yang mengatakan bahwa bentuk aspirasi para kader PDI Perjuangan Babel dari tingkat ranting.

"Jadi kesepakan mengusulan agar Ibu Puan Maharani dicalonkan sebagai Capres 2024 adalah aspirasi semuanya dari ranting, PAC, DPC, sampai DPD," ujar Rudi.

"Rekam jejak Puan Maharani di Partai, Eksekutif, dan saat ini memimpin lembaga Legislatif, ditambah lagi sebagai penerus trah Bung Karno, jadi pertimbangan signifikan di forum Rakerda sehingga satu suara menginginkan Puan Maharani dapat dicalonkan bu ketum pada Pilpres 2024," imbuhnya.

Diketahui, sejumlah baliho bergambar Puan mulai bermunculan sudah sejalan dengan pernyataan elite PDIP yang berniat mengusung sebagai kandidat di pilpres 2024. Baliho yang terpasang berukuran besar bergambar dua foto Puan Maharani berbaju merah mengepalkan tangan kanan diiringi tulisan, barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

Di Surabaya, baliho terpasang di beberapa titik strategis, seperti kawasan Jalan Pasar Kembang, Dukuh Kupang, Gunung Sari, Jemur Handayani, Karah Agung, Menur Pumpungan, Kendang Sari dan lainnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)