Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fair

Minggu, 13 Juni 2021 - 11:29 WIB
loading...
Perkuat Keterampilan Digital Lokal, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fair
Siberkreasi Local Fair (SNL) yang merupakan kegiatan seminar dan pertunjukan secara hybrid dengan menghadirkan lebih dari 20 narasumber lokal dan nasional. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bertempat di Anvaya Beach Resort Bali, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan GNLD Siberkreasi menggelar Siberkreasi Local Fair (SNL) yang merupakan kegiatan seminar dan pertunjukan secara hybrid dengan menghadirkan lebih dari 20 narasumber lokal dan nasional.

Peserta onsite dibatasi hanya 50 peserta dengan target peserta online selama dua hari mencapai hingga 50 ribu peserta. Pembicara yang hadir di antaranya Nadia Mulia, Yosi Mokalu, Jessica Iskandar, Marcella Zalianti, Young on Top, Paberik Soeara Rakjat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka dengan Kelas Makin Cakap Digital yang terdiri atas Kelas Podcast, Kelas Public Speaking, Kelas Pembuatan Film, dan Kelas Digital Marketing untuk UMKM.

Pada hari kedua, Sabtu, 12 Juni 2021 akan dilanjutkan dengan Virtual Talks yang membahas 4 (empat) pilar Literasi Digital, yaitu Digital Skills, Digital Ethics, Digital Culture, dan Digital Safety. Selain kelas dan virtual talkshow, acara ini akan diselingi juga dengan berbagai hiburan seperti stand up comedy dan music performance dengan mendatangkan artis atau band lokal.

Rizki Ameliah, Kordinator Literasi Digital Kominfo menjelaskan, kegiatan ini memiliki tujuan di antaranya berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para digital milenial untuk memiliki kemampuan menciptakan konten positif yang berkualitas di Indonesia.

Selain itu, lanjut dia, berbagi pengetahuan mengenai kecakapan digital agar dapat memilih dan memilah konten informasi yang diterima, menumbuhkan minat, para milenial untuk berdaya saing di media sosial.

"Mengajarkan untuk bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial di era digital, serta pemanfaatannya dalam berbagai bidang seperti bisnis, pola asuh, dan kreasi konten, mengajak para millenial untuk tetap produktif dari rumah di masa pandemi Covid-19,” ujar Rizki Ameliah.

Kegiatan SLF ini merupakan bagian dari program untuk mendukung percepatan transformasi digital nasional sesuai yang disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada 20 Mei 2021 lalu, dalam kegiatan peluncuran Program Literasi Digital Nasional : Indonesia Makin Cakap Digital.

Upaya mendorong percepatan transformasi digital nasional di antaranya dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu pemerataan infrastruktur telekomunikasi hingga ke seluruh pelosok Nusantara agar konektivitas dapat menjangkau seluruh masyarakat tanpa terkecuali sehingga masyarakat di seluruh pelosok nusantara dapat mengakses media sosial, e-commerce, maupun siaran televisi digital.

“Setelah infrastruktur maka dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia (SDM)/talenta digital yang dilakukan melalui pendekatan yang komprehensif guna mencakup tiga tingkat kecakapan, baik level dasar, menengah, maupun lanjutan," tuturnya.

Di level kecakapan yang paling mendasar, dicanangkanlah program #MakinCakapDigital yang ditargetkan meliterasi 12,5 juta orang pada 2021 ini. Harapannya, dengan masyarakat yang #MakinCakapDigital, para warganet dapat semakin bijak beraktivitas di dunia maya. "Tidak menyebarkan kebencian dan dapat menyaring informasi-informasi yang tidak tepat, juga memanfaatkan teknologi digital secara lebih produktif,” kata Rizky.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)