Megawati Tampak Rileks Jelang Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan di Unhan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 14:15 WIB
loading...
Megawati Tampak Rileks Jelang Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan di Unhan
Megawati Soekarnoputri saat memasuki aula Merah Putih Universitas Pertahanan (Unhan), Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. FOTO/TANGKAPAN LAYAR/ZOOM
A A A
JAKARTA - Megawati Soekarnoputri saat ini telah berada di aula Merah Putih Universitas Pertahanan (Unhan), Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Presiden ke-5 RI itu akan mengikuti sidang senat terbuka pengukuhan gelar profesor kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan.

Raut wajah rileks ditampakkan Megawati saat berjalan di gelaran karpet merah. Baju toga dengan perpaduan warna hitam dan merah menempel di badan putri Presiden Soekarno itu. Di belakangnya, terlihat belasan orang yang siap mengawal Megawati dalam orasi ilmiahnya nanti.

Sesekali, Megawati melemparkan senyum ke arah kamera yang merekam detik-detik dirinya naik ke atas mimbar. Tampak pula di lokasi sidang sejumlah pejabat, antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Menhan Prabowo Subianto, serta Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Baca juga: Megawati Dianugerahkan Gelar Profesor, Ratusan Karangan Bunga Hiasi Unhan

Setelah protokoler mempersilakan, Megawati dan Dewan Senat Akademi Unhan masuk ruang sidang secara perlahan diiringi lagu wajib nasional yaitu Satu Nusa, Satu Bangsa.

Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian sebelumnya mengatakan, sidang senat akademik telah menerima hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan atas seluruh karya ilmiah Megawati. Hal itu merupakan syarat pengukuhan Megawati untuk menjadi Profesor Kehormatan di Unhan.

Menurutnya, Megawati mendapat gelar kehormatan karena dinilai berhasil mengatasi krisis multidimensi saat menjadi pemimpin negara. Megawati dianggap sukses menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pasca Bom Bali, hingga Penanganan permasalahan TKI di Malaysia.

Baca juga: Megawati Didampingi 3 Anaknya saat Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Unhan

"Pemberian gelar itu juga tidak terlepas dari kepemimpinan Ibu Megawati dalam menghadapi krisis multidimensi di era pemerintahannya," kata Prof Amarulla Octavian dalam siaran persnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2755 seconds (0.1#10.140)