Dukungan Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024 Mulai Mengalir

Senin, 07 Juni 2021 - 08:51 WIB
loading...
Dukungan Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024 Mulai Mengalir
Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah satu dari sejumlah kepala daerah yang disebut-sebut berpotensi maju pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Seperti diketahui luas, Ganjar adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang namanya seringkali masuk daftar kandidat Pilpres 2024 di sejumlah survei.

Berdasarkan hasil Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang diumumkan pada Kamis 1 April 2021 lalu, pendukung Joko Widodo (Jokowi) cenderung mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Nah, walaupun Pilpres 2024 masih sekitar tiga tahun lagi, dukungan untuk Ganjar Pranowo maju ke kontestasi politik lima tahunan itu terus mengalir. Bahkan, telah muncul akun fans klub Ganjar Pranowo di media sosial Instagram, bernama ganjarpranowo_ri1.

Ratusan foto kegiatan maupun pernyataan Ganjar Pranowo diposting di akun Instagram yang telah memiliki 28,8 ribu pengikut atau followers. "Mari kita dukung Pak Ganjar Maju Pilpres 2024. Story fans Pak Ganjar Pranowo," begitu keterangan profil akun Instagram itu.

Adapun salah satu dukungan untuk Ganjar Pranowo itu dari sekelompok masyarakat yang menyebut diri sebagai relawan Ganjarist (Ganjar Pranowo untuk Indonesia Satu), yang telah mendeklarasikan dukungannya beberapa hari lalu. "Kami menyepakati untuk mengusung yaitu pak Ganjar Pranowo sebagai salah satu putra terbaik bangsa yang kira-kira adalah yang paling compatible (sebagai Capres 2024)," Ketua Relawan Ganjarist, Mazdjo Pray dalam jumpa persnya di acara deklarasi dukungan Ganjarist, di sebuah hotel di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa 1 Juni 2021.



Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo mengakui Ganjar Pranowo memiliki peluang untuk ikut kontestasi Pilpres 2024. "Pak Ganjar Pranowo sebagai gubernur Jawa Tengah tentu saja punya peluang, tetapi seberapa besar peluangnya nah ini masalahnya ada banyak variabel hitungan politik, kalau dari survei, elektabilitas beliau dan popularitas beliau memang tinggi sekarang, saingannya mungkin Ridwan Kamil yang sama-sama kepala daerah,"ujar Kunto Adi Wibowo kepada SINDOnews, Sabtu 24 Oktober 2020.

Di sisi lain, PDIP tidak menanggapi serius survei berbagai lembaga mengenai elektabilitas Ganjar Pranowo (GP) untuk Pilpres 2024 mendatang. "Masih terlalu dini kita bicara 2024. Masih terlalu dini," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Sadarestu kepada SINDOnews, Sabtu 24 Oktober 2020.

Namun, kata Restu, partainya akan memperhitungkan kader-kader yang terbaik. "Tentunya nanti juga akan melalui mekanisme-mekanisme partai, tidak cukup hanya sekadar sekarang surveinya tinggi. Jadi kalau di PDI Perjuangan kan ada mekanisme partai yang harus dilalui," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)