Megawati dan Prabowo Hari Ini Resmikan Patung Bung Karno di Gedung Kemenhan

Minggu, 06 Juni 2021 - 07:43 WIB
loading...
Megawati dan Prabowo Hari Ini Resmikan Patung Bung Karno di Gedung Kemenhan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari ini dijadwalkan meresmikan patung Bung Karno di depan gedung utama Kemenhan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari ini dijadwalkan meresmikan patung Bung Karno di depan gedung utama Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Momentum bulan Juni sengaja dipilih sesuai dengan hari kelahiran Bapak Proklamasi itu.

"Saat di Akademi Militer Magelang, Februari 2020 lalu, Pak Prabowo berjanji akan membangun patung Bung Karno naik kuda. Kita menyambut patung ini akhirnya terealisasi berdiri. Apalagi peresmian patung ini bersamaan dengan momentum Bulan Bung Karno," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (6/6/2021). "Sehingga momen ini semakin hikmat dan bermakna karena hari ini merupakan hari lahir Bung Karno," katanya.

Hasto menambahkan bahwa Bung Karno tidak hanya milik bangsa Indonesia, tetapi juga telah mengukir sejarah bagi dunia. "Atas dasar hal tersebut, kami memberikan apresiasi kepada Pak Prabowo yang telah menempatkan kesejarahan Bung Karno dengan TNI," ujarnya.

Baca juga: Ucapkan Terima Kasih Atas Patung Bung Karno di Lemhannas, Ini Pesan Megawati

Selain itu, peresmian patung juga untuk mengenang jasa-jasa Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan besarnya perhatian Presiden Pertama RI di bidang pertahanan. Pada masa itu, angkatan bersenjata RI tercatat salah satu yang terkuat di Asia. "Kemenhan mewujudkan apresiasinya dengan membangun patung Bung Karno," kata Hasto.

Untuk diketahui, kala peresmian patung Bung Karno di Akmil Magelang, di hadapan Megawati, Prabowo mengungkapkan niatnya membuat patung Bung Karno yang tengah menunggang kuda. "Saya sampaikan, Kemenhan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tapi di atas kuda," ucap Prabowo kala itu.

Pada agenda ini, Hasto mengatakan dirinya bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly akan turut menghadiri acara. "Ibu Megawati Soekarnoputri akan didampingi oleh Mas Prananda Prabowo, kepala situation room," ujar Hasto.

Ia menjelaskan berdasarkan susunan acara yang diterima dari panitia, peresmian patung Presiden Soekarno yang akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Diawali Menhan menyambut kedatangan Megawati dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dilanjutkan pembacaan teks Pancasila.

Baca juga: Penataan Stasiun Semarang Tawang Tuntas, Patung Bung Karno Tambah Keindahan Kota Lama

"Setelah itu, pidato Menteri Pertahanan, Pak Prabowo dan dilanjutkan sambutan Ibu Megawati Soekarnoputri mewakili keluarga Presiden Soekarno," kata Hasto.

Setelah itu, disambung dengan prosesi peresmian patung Bung Karno dengan penandatanganan prasasti oleh Megawati dan penekanan tombol peresmian patung Bung Karno.

"Dalam berbagai kesempatan, Ibu Megawati selalu berpesan saat kita melihat patung Bung Karno, diharapkan kita akan ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," ucap pria kelahiran Yogyakarta itu.

Agenda peresmian patung Bung Karno di gedung Kemenhan ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Kemenhan RI dan PDIP.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)