Hari Lingkungan Hidup, PDIP Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah

Sabtu, 05 Juni 2021 - 21:21 WIB
loading...
Hari Lingkungan Hidup, PDIP Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Penelitian Pusat (Balitpus) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-48 PDIP sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup dan menyongsong Bulan Bung Karno Juni 2021.

Tahapan pelaksanaan kegiatan LKTI dimulai 1 April 2021 hingga pengumuman pemenang yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (5/6/2021).

Sekretaris Balitpus PDIP Lukita Tuwo saat awal acara menegaskan PDIP selaku partai pelopor konsisten mendorong politik hijau siap bergotong-royong bersama seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan lingkungan hidup lestari generasi saat ini hingga generasi ke depan.

“Dari total 104 peserta yang mengikuti LKTI ini, Dewan Juri menetapkan peserta yang lolos ke tahap presentasi dan wawancara pendalaman materi karya tulis ilmiah sebanyak 19 nominasi peserta terbaik, dengan rincian enam peserta untuk kategori pelajar, tujuh peserta untuk kategori mahasiswa dan enam peserta untuk kategori perempuan,” tutur Lukita, Sabtu (5/6/2021).
Hari Lingkungan Hidup, PDIP Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi penuntun penggerak kesadaran masyarakat luas, 104 peserta ikut dan berasal dari beberapa provinsi. "Bali menjadi provinsi yang paling banyak partisipasi pesertanya,” ujarnya.

Acara dibuka oleh Ketua DPP PDIP Bidang Keanggotaan dan Organisasi, Sukur Nababan. Dia menjelaskan, Ketua Umum PDIP sangat mendukung dan fokus apa yang dinamakan politik hijau.

"Bentuk-bentuk kegiatan politik hijau seperti penanaman pohon dan kegiatan lomba seperti ini yang dibantu langsung oleh seluruh struktural partai diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sumbangsih partai terkait dengan membangun politik hijau di bumi Indonesia,” tuturnya.

Adapun pemenang lomba LKTI, yakni kategori pelajar, Juara I Hisanifa Arifani dengan judul Hubungan Civic Responsibility, Tindakan Pencemaran Sungai, dan Kualitas Air Sungai Bengawan Solo Di Desa Kadungrejo.

Juara II Sipa Silpana Putri dengan judul Sungai Ciliwung Melalui Metode Konservasi Agronomi Berbasis Kolaborasi Guna Mencegah Alih Fungsi Daerah Aliran Sungai.

Juara III Ni Putu Xyieloveeda Sequioa dengan judul Perencanaan Konsep Taman Jadaseki Sebagai Sarana Konservasi Das Cisadane Berbasis Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Sunda.

Juara Harapan I Ni Kadek Karina Dewi dengan judul Eksistensi Clean Up Tegallalang (Cut) Dalam Rangka Mewujudkan Tri Hita Karana Menuju Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Juara Harapan II Elisabeth Violina dengan judul Kesesuaian Politik Hijau Dalam Memecahkan Akar Permasalahan Revitalisasi Sungai Citarum. Juara Harapan III Najla Khaulah Safinatunnajah dengan judul Rancangan Pemberdayaan Karang Taruna Dalam Upaya Pemeliharan Sungai Dengan Proses Recycling Sampah Organik Untuk Menghasilkan Ulat Maggot (Hermetia Illucens) Sebagai Pakan Ternak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)