Wapres Ditelepon Menteri Senior Singapura, Ini yang Dibahas

Jum'at, 21 Mei 2021 - 20:03 WIB
loading...
Wapres Ditelepon Menteri Senior Singapura, Ini yang Dibahas
Wapres KH Maruf Amin pagi tadi melalui sambungan melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean.
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin pagi tadi melalui sambungan melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean. Ada beberapa hal yang dibahas dalam pembicaraan tersebut.

Dalam pembicaraan tersebut, Wapres mengungkapkan harapannya agar kerja sama Indonesia - Singapura baik di tingkat ASEAN maupun secara bilateral terus ditingkatkan. "Saya menyambut baik beberapa kemajuan kerja sama bilateral, antara lain berlakunya Bilateral Investment Treaty antara RI – Singapura pada Maret 2021 lalu dan juga perundingan pembukaan travel corridor untuk pariwisata dari Singapura ke wilayah Batam dan Bintan," katanya dikutip dari rilis Setwapres, Jumat (21/5/2021).

Dia mengatakan dengan peningkatan kerja sama ini diharapkan berdampak pada pulihnya perekonomian kedua negara. Khususnya setelah hantaman pandemi Covid-19. "Saya berharap kemajuan ini menjadi titik awal pulihnya kembali perekonomian kita yang aman dari Covid-19," imbuhnya. Baca juga: Baca juga: Puan: Penguatan TNI AL Penting untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia

Maruf mengatakan pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan besar dunia termasuk di kawasan ASEAN. Untuk itu, dia meminta setiap negara terus meningkatkan kerja sama dan mengambil langkah antisipatif guna mencegah terjadinya lonjakan kasus. "Penerapan pembatasan, protokol kesehatan, serta vaksinasi menjadi kunci agar kita dapat keluar dari pandemi ini dan memulihkan perekonomian kita. Untuk itu, kerja sama kita, baik pada tingkat ASEAN maupun secara bilateral harus ditingkatkan," ujarnya.

Pada kesempatan itu Maruf juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Singapura pada upaya pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam beberapa waktu lalu di Laut Utara Bali. Hal ini menurutnya menjadi salah satu bukti kuatnya hubungan Indonesia - Singapura. "Kuatnya hubungan kita juga tercermin dari solidaritas Singapura yang mengirim kapal MV Swift Rescue dalam pencarian awak KRI Nanggala 402," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Senior Teo Chee Hean, mengawali percakapan dengan mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Wapres. “Selamat hari raya Idul Fitri Bapak Wapres dan keluarga Anda,” ucapnya.

Dia mengatakan sebagai mantan Kepala Angkatan Laut Singapura turut merasakan kesedihan mendalam atas musibah yang menimpa KRI Nanggala 402. “Sebagai anggota dari angkatan laut sendiri, saya juga merasakan duka sangat dalam waktu ada kejadian terhadap anggota angkatan laut. Dan kita sangat membantu kalau ada kejadian seperti ini,” ungkapnya.

Di samping itu, Teo juga menyambut baik ajakan Wapres untuk terus meningkatkan kerja sama khususnya dalam bidang ekonomi. “Saya sangat senang melihat kedua negara, (para) menterinya (saling) memperkuat kerjasama di antara kedua negara kita, termasuk dalam sektor ekonomi digital, pertahanan, dan semua sektor ini untuk masa depan,” pungkasnya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)