Mutasi Baru Covid-19 Kembali Ditemukan, Menkes Minta Testing dan Tracing Digenjot

Senin, 17 Mei 2021 - 15:59 WIB
loading...
Mutasi Baru Covid-19 Kembali Ditemukan, Menkes Minta Testing dan Tracing Digenjot
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar protokol kesehatan disiplin dijalankan menyusul ditemukannya kembali mutasi baru Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar protokol kesehatan disiplin dijalankan. Selain itu juga meminta agar pemerintah daerah menggenjot testing dan tracing.

Dia mengatakan salah satu alasannya adalah kembali ditemukannya kasus mutasi baru dari Covid-19. “Kenapa ? Karena kita kembali kita memonitor setiap minggu adanya mutasi baru. Minggu lalu kita ketemu dua lagi mutasi baru. Dua-duanya terjadi di Jawa Timur. Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi dari Afrika Selatan dan satu mutasi dari London,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (17/5/2021).

Budi mengingatkan penularan dari varian baru ini lebih tinggi. Oleh karena itu yang harus dilakukan adalah memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik. “Memakai masker terutama.Untuk kita sebagai kepala daerah, kepala RT, lurah, kapolda, pangdam, gubernur tolong pastikan protokol PPKM mikronya dijalankan sebaik-baiknya,” ujarnya

Sementara itu untuk testing minimal 1 per 1.000 penduduk yang dites per minggu. Kemudian tracing minimal 15 kontak erat dalam waktu 72 jam. “Dan testing kalau bisa dilakukan sebanyak-banyaknya. Tidak usah takut kelihatan banyak. Sebab itu lebih baik karena kita bisa mendeteksi pergerakan mutasi baru,” pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3247 seconds (0.1#10.140)