Kenang Kiai Sanusi Baco, Mahfud MD: Ulama yang Luas Ilmu dan Lembut Penampilannya

loading...
Kenang Kiai Sanusi Baco, Mahfud MD: Ulama yang Luas Ilmu dan Lembut Penampilannya
Menko Polhukam Mahfud MD berduka atas wafatnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco, Sabtu (15/05/2021). Foto/SINDOnews
JAKARTA - Masyarakat Sulsel berduka, setelah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel AGH Sanusi Baco meninggal dunia pada Sabtu (15/05/2021). Menko Polhukam Mahfud MD pun berduka atas wafatnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco.

Baca juga: Berita Duka, Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco Meninggal Dunia

"Sangat berduka. Hari ini (15/5/21) Anre Gurutta (AG) KH Sanusi Baco, Ketua MUI Sulawesi Selatan wafat di Makassar. Inna lillah wa inna ilaihi rajiā€™un. Almarhum adl ulama yang sangat luas ilmunya dan lembut penampilannya. Semoga Allah mengampuni dosanya dan memberikan surga-Nya," kata Mahfud dikutip dari akun Twitternya @mohmahfudmd, Sabtu (15/5/2021) malam.
Kenang Kiai Sanusi Baco, Mahfud MD: Ulama yang Luas Ilmu dan Lembut Penampilannya

Mahfud mengungkapkan, bila berada di Makassar, dirinya kerap mampir ke kediaman Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) itu. Saat bertemu Kiai Sanusi, dirinya berdiskusi masalah keumatan dan kerap bercanda dengannya.

Namun sayang, ketika Mahfud ke Makassar pada pertengahan Ramadan kemarin, dirinya tidak berkunjung ke kediaman Kiai Sanusi karena pandemi corona belum berlalu. Hal ini pun membuatnya sedih.



"Terkenang, kalau ke Makassar biasanya saya mampir ke kediaman AGH Sanusi dan berdiskusi tentang masalah keummatan. Beliau selalu bersemangat dan banyak humor. Sedih juga, saat kunjungan ke Makassar pertengahan Ramadhan kemarin saya tidak mampir ke rumah beliau karena suasana pandemi Covid-19," tuturnya.

Dilansir dari nu.or.id, Kiai Sanusi Baco mengembuskan napas terakhirnya di salah satu rumah sakit di wilayah Makassar pada Sabtu 15 Mei 2021 malam.

Kiai Sanusi Baco adalah salah satu dari sembilan anggota Ahlul Halli wal Aqdi pada Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur. Ulama kharismatik Sulsel tersebut juga pernah menjabat Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2015. Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Kelapa Tiga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top