Ramai soal Kuliner Bipang, Politikus PKS Ini Cuit Nama-nama Makanan Daerah

Sabtu, 08 Mei 2021 - 13:34 WIB
loading...
Ramai soal Kuliner Bipang, Politikus PKS Ini Cuit Nama-nama Makanan Daerah
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan makanan khas Nusantara sebagai oleh oleh mudik yang bisa dipesan secara online menjadi perbincangan di media sosial (medsos).

Pemicunya adalah ucapan Jokowi yang juga menyebut bipang ambawang sebagai salah satu makanan khas daerah.

Di tengah viralnya bipang ambawang, politikus Partai Keadilan Sejatera (PKS) Mardani Ali Sera membuat cuitan di lini masa akun Twitternya mengenai nama-nama singkatan kuliner daerah.

"Singkatan Kuliner nusantara: 1.Cilok: Aci dicolok 2. Colenak: Dicocol enak 3. Batagor : Baso Tahu Goreng 4. Gehu: Toge Tahu 5. Cireng: Aci digoreng 6. Combro: Oncom dijero 7. Lemper: Lembutnya bikin baper 8. Bipang : baBi Panggang (haram) 9. Mendoan: Mendoakanmu dalam diam," cuit Mardani melalui akun Twitternya, @MardaniAliSera, Sabtu (8/5/2021).

Cuitan Mardani direspons banyak pengguna Twitter. Salah satunya pemilik akun @Dudinfitness1 yang mengomentari bipang. "Khusus no 8, mungkin sudah dibikin dari bahan yang halal dari daging (sapi/ kambing ).#Husnudhan#," cuinya.

Lain lagi dengan komentar pemilik akun @AnzalGrogi yang meminta agar pernyataan Jokowi ditanggapi secara positif. "Positif aja, kali aja buat oleh-oleh ketetangga yang non muslim, beres to. Ojo digawe ruwet utekmu," cuitnya,

Seperti diketahui,pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan makanan khas Kalimantan, Bipang Ambawang secara online menjadi heboh di media sosial (medsos).Baca juga: Mengenal Bipang, Makanan Khas Kalimantan yang Viral Karena Disebut Jokowi

Banyak pengguna medsos alias netizen mengomentari tentang makanan tersebut. Sebanarya apa sih Bipang Ambawang itu?

Di Instagram, Bipang Ambawang adalah sebuah restoran barbekyu yang berlokasi di Jalan Trans Kalimantan Km.23, Pontianak, Kalimantan Barat. Adapun Bipang adalah kependekan dari babi panggang.

Sementara itu, Ambawang merupakan sebuah Kecamatan di Pontianak. Dalam sebuah postingan di Instagram itu, disebutkan bahwa babi oanggang khas Ambawang menggunakan babi muda berumur 3-5 bulan.

Babi muda terkenal dengan kelembutan dagingnya serta rasa yang lebih gurih. Harganya pun bervariasi yang ditawarkan restoran Bipang Ambawang tersebut.

Video pidato Presiden Jokowi yang mempromosikan makanan khas Kalimantan itu pun diunggah oleh akun Instagram Bipang Ambawang. "Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh Bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam," demikian keterangan video di Instagram Bipang Ambawang.
(dam)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2799 seconds (11.97#12.26)