Mengenal Bipang, Makanan Khas Kalimantan yang Viral Karena Disebut Jokowi

loading...
Mengenal Bipang, Makanan Khas Kalimantan yang Viral Karena Disebut Jokowi
Bipang Ambawang, makanan khas asal Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat. FOTO/INSTAGRAM/@bipangambawang
JAKARTA - Bipang . Kata yang kini sedang menjadi perbincangan publik lantaran disebut oleh Presiden Jokowi dalam video promosi belanja online makanan khas nusantara.

Awalnya, penulis sempat bingung saat mendapati kata ini nangkring di trending topic Twitter, Sabtu (7/5/2021) pagi. Bahkan sampai siang ini pun masih menjadi perbincangan panas netizen. Total hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 14.900 tweet tentang bipang.

Setelah menelusuri di Twitter, penulis baru tahu bahwa bipang adalah kependekan dari babi panggang. Dan betul, ini adalah makanan khas asal Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat. Itulah mengapa kata bipang kerap disambung dengan Ambawang. Jadi bipang ambawang.

Baca juga: Heboh Jokowi Gara-Gara Makanan Khas Kalimantan Bipang Ambawang

Karena menjadi kuliner khas, pengunjung atau pelancong yang datang ke Pontianak, biasanya memburu makanan ini, selain membeli oleh-oleh khas suku Dayak lainnya.



Berdasarkan keterangan Instagram @bipangambawang, bahan untuk membuat makanan ini adalah babi kampung berusia 3-5 bulan dengan berat antara 10-20 kilogram. Setelah dipanggang, berat satu ekor itu menjadi hanya 3-7 kg.

Dalam promosinya, bipang ambawang memiliki keunggulan lemak yang tipis dan dagingnya lembut, serta kulitnya garing. Saat dipanggang, babi sudah dibaluri dengan bumbu racikan khas Ambawang yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Baca juga: Hobi Kulineran, Nagita Slavina Tak Batasi Makanan selama Hamil

"Kulitnya garing, lemaknya tipis, dagingnya lembut, gurih dan meresap bumbunya, benar-benar bikin kangen, ingin lagi dan lagi," tulis akun @bipangambawang.

Bipang biasanya disantap dengan nasi sebagai lauk lengkap dengan sambal dan lalapan atau sayur cah.

Akun ini pun mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah menyebut bipang Ambawang dari Kalimantan dalam sebuah video promosi belanja online makanan khas Nusantara.

"Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV," tulisnya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top