Tiga Kepala Daerah dari Indonesia Timur Berpeluang Masuk Bursa Pilpres 2024

Jum'at, 07 Mei 2021 - 07:22 WIB
loading...
Tiga Kepala Daerah dari Indonesia Timur Berpeluang Masuk Bursa Pilpres 2024
Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio mengungkapkan akan ada tokoh dari Indonesia Timur yang berpeluang maju dalam Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rilis survei KedaiKOPI yang bertajuk "Peluang dari Timur" yang diselenggarakan pada 10-19 April 2021 lalu. Sejumlah tokoh dari Indonesia Timur ternyata cukup potensial masuk laga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, di antaranya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menjadi kepala daerah dengan elektabilitas tertinggi dengan nilai 20,8%, diikuti Gubernur Bali I Wayan Koster dengan 15,2% dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dengan 12,3%.

Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio mengungkapkan hasil survei ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada tokoh dari Indonesia Timur di Pilpres 2024 terutama setelah kehadiran Jusuf Kalla (JK) di pilpres-pilpres sebelumnya sebagai calon wakil presiden (cawapres). Baca juga: Anies Baswedan Ungguli Ganjar Cukup Telak di Survei Terbaru KedaiKOPI

"Minimal sebagai cawapres. Mengacu pada hasil survei yang banyak menginginkan kombinasi militer-sipil atau sipil-sipil, sangat mungkin nama seperti Zulkieflimansyah atau tokoh masyarakat lain seperti Abraham Samad dan TGB Zainul Majdi muncul sebagai kandidat kuat cawapres yang datang dari timur Indonesia," kata pria yang biasa disapa Hensat itu dalam rilis survei secara daring, Kamis (6/5/2021) kemarin.

Selain itu, Hensat melanjutkan, terdapat nama menteri dan mantan menteri atau pejabat setingkat menteri yang muncul di dalam survei ini. Susi Pudjiastuti mendapatkan nilai tertinggi dengan 22,2%, diikuti dengan Mahfud MD 17,8%, Gatot Nurmantyo 16,7%, lalu ada Erick Thohir 16,1%.

Menurut Hensat, para pejabat dan mantan pejabat ini juga akan memiliki peluang mengisi panggung politik 2024. "Terlebih mereka masih memiliki panggung politik yang lebih panjang dibanding beberapa kepala daerah yang akan selesai masa jabatannya di 2022 dan 2023. Jadi nama-nama seperti Susi Pudjiastuti, Sudirman Said, Erick Thohir, Mahfud MD, tokoh oposisi Gatot Nurmantyo tidak bisa dikesampingkan," paparnya.

"Belum lagi para tokoh TNI/Polri yang muncul di survei sebelumnya seperti Tito Karnavian, Budi Gunawan, Boy Rafli, atau Doni Monardo," imbuh Hensat.

Survei Peluang dari Timur diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKOPI dengan menggunakan metode face to face interview kepada 1.215 responden yang berada di 34 provinsi. Survei ini dilaksanakan pada 10-19 April 2021 lalu dengan Margin of Error ± 2,81% pada interval kepercayaan 95,0%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)